Mengenal Nyamuk Anopheles Penyebab Malaria

Mengenal Nyamuk Anopheles Penyebab Malaria

Nyamuk Anopheles yang mau menghisap darah dari kulit manusia--hellosehat.com

HARIAN DISWAY - Malaria menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan patut diwaspadai. Pasalnya, penyakit yang dianggap remeh ini dapat menimbulkan akibat fatal apabila tidak segera ditangani. Penularannya melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. 

Faktanya, hanya nyamuk betina memiliki corong yang panjang. Corongnya digunakan untuk menusuk kulit supaya mengambil darah manusia. Dari laporan World Health Organization, ada 247 juta kasus malaria pada tahun 2021. Dengan perkiraan jumlah kematian akibat malaria mencapai 619.000 kasus pada tahun 2021.

Parasit Plasmodium yang hanya dihasilkan nyamuk Anopheles betina. Saat digigit nyamuk, parasit itu masuk ke dalam tubuh kemudian menyerang organ hati dan menginfeksi sel darah merah.

Hanya terkena sekali gigitan, orang tersebut langsung bisa memiliki potensi terjangkit malaria. Sungguh mengerikan, bukan?

Orang terkena gigitan nyamuk akan mengalami gejala ringan seperti demam, menggigil, dan sakit pada bagian kepala. Namun, bila tidak segera ditangani dapat memunculkan gejala berat seperti kelelahan, kebingungan, sulit bernapas, dan kejang-kejang.

Bagi bayi, anak-anak dibawah 5 tahun, ibu hamil, pelancong, dan orang yang mengidap HIV/AIDS yang terkena gigitan akan memiliki gejala yang lebih parah. Ibu hamil yang terjangkit malaria dapat membahayakan nyawa anak di kandungannya. Dapat terjadi bayi prematur ataupun berat badan bayi lahir nanti akan turun drastis.

BACA JUGA: Pengusaha asal Tangerang Bantu TNI dengan Seragam Loreng Antinyamuk

Kenali Nyamuk Anopheles yang Jadi Penyebab Malaria

Nyamuk Anopheles - Halodoc-

Kehidupan Nyamuk Anopheles

Nyamuk Anopheles betina dikenal aktif di waktu senja dan di malam hari untuk menghisap darah. Dengan mendapat darah, nyamuk betina dapat menghasilkan telur sebanyak 50 sampai 200 butir dan disimpan di dalam air yang tenang. Seperti di kolam air dan sungai.

Jangka waktu hingga telur nyamuk menetas sekitar 2-3 hari. Untuk lama hidupnya, nyamuk jantan dapat hidup selama seminggu. Jauh lebih pendek ketimbang nyamuk betina yang dapat hidup sampai sebulan.

Setiap daerah dapat menjadi tempat habitat dan berkembang biaknya Nyamuk Anopheles, kecuali Antartika. 

BACA JUGA: Target RI Bebas Malaria 2030 Masih Sulit Tercapai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: who