Asian Games 2023, Atlet Sanda TC di Kuil Shaolin Tiongkok

Asian Games 2023, Atlet Sanda TC di Kuil Shaolin Tiongkok

Atlet timnas wushu Indonesia nomor sanda berlatih di Shaolin Tagou di Dengfeng, Provinsi Henan, Tiongkok.-Dokumentasi PB WI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Persiapan timnas wushu Indonesia menghadapi Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok, begitu optimal. Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) akan mengirim 15 atlet yang terdiri dari 8 atlet taolu dan 7 atlet sanda.

Khusus atlet Sanda dikirim ke Shaolin Tagou di Dengfeng, Provinsi Henan, Tiongkok. Pelatih Sanda Lettu (Mar) Mukhlis Mahmud mengatakan, alasan Shaolin Tagou menjadi tempat TC karena banyak lahir juara dunia di kuil tersebut. Mereka antara lain Yue Yao (juara dunia 2019 dan juara Asian Games 2018 Jakarta kelas 52 kg putri), Guoshun Shen (juara dunia 2019 dan Asian Games 2018 kelas 56 kg putra), dan Li Meng Fan (juara Asian Games 2018 kelas 65 kg).

"Kita sangat berterima kasih kepada Pak Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto yang kembali memberikan fasilitas tempat TC terbaik," kata Mukhlis, panggilan akrabnya.

Bukan kali pertama atlet sanda TC di kuil shaolin. Hasilnya juga mujarab. Pada SEA Games 2023 Kamboja empat atlet sanda menyumbangkan medali emas. Sebelumnya, di SEA Games 2021 Vietnam hanya bisa menyumbangkan 1 medali emas dari enam finalis yang tampil.

BACA JUGA:Atlet Wushu Daffa Golden Boy Raih Emas ke-38 untuk Indonesia

BACA JUGA:Airlangga dan Ahmad Dhani Sambangi Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

Selain fasilitasnya cukup lengkap, kata Mukhlis, Tharisa Dea Florentina dan kawan-kawan bisa menjalani sparring partner dengan lawan yang berkualitas. "Di Shaolin Tagou terdapat ratusan ribu atlet yang berlatih dari berbagai usia. Jadi, kita punya banyak pilihan untuk sparring partner," katanya.

Mental bertanding atlet juga otomatis terbangun dengan sendirinya. Begitu juga dengan strategi bertanding makin beragam karena terdorong oleh banyaknya program uji tanding. "Dan, kita berharap atlet sanda Indonesia bisa berbicara di Asian Games 2023 Hangzhou nanti," jelas Mukhlis.


Di Shaolin Tagou, atlet sanda punya banyak sparing partner.-Dokumentasi PB WI-

Tharisa yang sukses meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja senang bisa kembali TC di Shaolin Tagou. "TC di Tiongkok menambah ilmu dan banyak teman latih tanding," kata Tharisa yang bertekad meraih emas di Asian Games 2023 Hangzhou.

Bukan hanya Tharisa, Rosa Beatrice Malau kembali ke Shaolin Tagou untuk menjalani program latihan yang cukup keras dalam persiapan untuk menghadapi Asian Games 2023 Hangzhou.

Manajer Timnas Wushu Indonesia Iwan Kwok juga menyebut atlet sanda juga akan tampil di FISU World Universiade Games 2023 yang akan berlangsung di Chengdu, Tiongkok, 29 Juli hingga 3 Agustus 2023.

"Semula FISU Wolrd Universiade Games itu dilaksanakan tahun 2021 tetapi diundur menjadi tahun 2023 karena pandemi Covid-19. Dan, kita akan jadikan event itu sebagai ajang uji coba terakhir bagi atlet wushu sanda sebelum tampil di Asian Games 2023 Hangzhou," kata Iwan Kwok yang juga Wakil Ketua Umum 1 PB WI membawahi Bidang Prestasi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: