Pakar Siber Paparkan Hacker RRR Yang Klaim Punya Data 337 Juta KTP

Pakar Siber Paparkan Hacker RRR Yang Klaim Punya Data 337 Juta KTP

Ilustrasi hacker-Freepik-

HARIAN DISWAY - Serangan siber yang terjadi pada tanggal 16 Juli 2023 pada sistem data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri memunculkan satu nama peretas dengan samaran RRR. 

Hal tersebut diungkap oleh pakar keamanan siber Pratama Persadha. Klaim kepemilikan 337 juta data KTP Dukcapil tersebut kata Pratama diunggah pada sebuah forum yang biasa dipergunakan untuk melakukan jual beli kebocoran data.

BACA JUGA:Kemendagri Bantah Ada Kebocoran Data 337 Juta KTP 

Hacker RRR mengklaim berhasil mendapatkannya pada tanggal 14 Juli 2023 "Data berjumlah 337 juta terkait penduduk Indonesia yang berhasil didapatkannya dari server dukcapil.kemendagri.go.id,” jelas Ucap Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC tersebut. 

Menurut pernyataan "RRR", dia juga berhasil mendapatkan total 7 tabel data. Pratama mengatakan bahwa RRR menawarkan 1 dari 7 tabel tersebut untuk dijual. “Dari tangkapan layar yang dibagikan, data yang ditawarkan tersebut berasal dari table "data_penduduks," papar Pratama. 

BACA JUGA:Minimnya Perlindungan Data Pribadi di Indonesia

Hacker dengan nama anonim "RRR" tersebut tidak hanya memberikan informasi kebocoran data dari Disdukcapil saja. Mantan Direktur Pam Sinyal BSSN ini menjelaskan, RRR juga menawarkan set data lain di forum tersebut. 

“Diantaranya adalah 1,3 triliun data registrasi simcard, 36 juta data Kendaraan bermotor, 272 juta data BPJS, 2 juta data photo dari BPJS, 34 juta data pasport dan masih banyak lagi,” papar Pratama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: