Peringati 1 Muharram dengan Jalan Sehat Bareng, Khofifah: Momen Kuatkan Persaudaraan!

Peringati 1 Muharram dengan Jalan Sehat Bareng, Khofifah: Momen Kuatkan Persaudaraan!

Khofifah saat membuka jalan santai dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah-Humas Pemprov Jatim-

HARIAN DISWAY - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merayakan 1 Muharram 1445 Hijriyah bersama masyarakat. Di momen tahun baru Islam itu, mantan menteri sosial RI tersebut mengajak masyarakat berjalan sehat.

 

Acara dimulai dari Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Berakhir di masjid itu juga. Rutenya sejauh 3,6 kilometer.

 

Jalan sehat itu dimulai sekitar pukul 07.00. Halaman masjid itu pun dipenuhi warga. Ada sekitar 48 ribu masyarakat yang ikut.

 

Mereka keliling membawa bendera merah putih. Sebelum peserta itu jalan, Khofifah menyerahkan bendera merah putih kepada perwakilan organisasi masyarakat yang hadir dalam kegiatan itu.

 

Seperti: DPW LDII Jatim, Pembina Pramuka, Forum Pembauran Kebangsaan Jatim, Fatayat NU Jatim, PWNU Jatim, Muslimat NU Jatim, PW Muhammadiyah Jatim, Nasyiatul Aisyiyah Jatim. Tindakan itu dilakukan sebagai bentuk peningkatan nasionalisme dan kebangsaan.

 

Peserta yang mengikuti jalan sehat itu, tidak semua menggunakan baju olahraga. Ada juga yang menggunakan baju daerah. Beberapa dari mereka, menggunakan dresscode unik. Ada yang berpenampilan seperti petani, ada juga yang seperti burung merak.

 

Menurut Khofifah, tahun baru Islam ini merupakan momentum menguatkan persaudaraan, persatuan, dan energi positif yang dimiliki.

 

“Alhamdulillah jalan sehat ini menjadi bentuk wujud syukur dan nikmat kita memasuki 1 Muharram 1445 H,” katanyi.

 

Dalam acara itu, berbagai doorprize dibagikan kepada masyarakat. Seperti: Sembilan unit kulkas, sembilan unit sepeda gunung, sembilan laptop, sembilan sepeda motor, hingga sembilan paket umrah.

 

Soetopo salah satu peserta sangat antusias mengikuti jalan sehat itu. Saat itu, ia memakai topi berhias gambar Wali Songo. Menurutnya, topi itu sebagai momen pengingat para penyebar Islam di tanah air. 

 

“Saya ikut jalan sehat ini supaya badan lebih sehat. Ditambah ini momennya juga di 1 Muharram, jadi saya pakai topi gambar Wali Songo ini,” ungkapnya. 

 

Dalam kegiatan itu, pemprov Jatim memberikan enam hadiah menarik kepada peserta yang menggunakan dresscode tematik dan terunik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: