5 Pembalap Juara Dunia Termuda di Formula 1

5 Pembalap Juara Dunia Termuda di Formula 1

Fernando Alonso, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton menjadi tiga pembalap yang pernah meraih gelar juara dunia di usia muda.--

Talenta-talenta muda terus bermunculan di ajang Formula 1 dalam beberapa dekade terakhir. Beberapa di antarnya berhasil menjadi juara dunia dalam usia yang masih cukup muda. 

Sejak kemunculan juara dunia termuda, banyak tim berlomba-lomba untuk membuat project jangka panjang untuk membentuk pembalap muda yang ganas, bertalenta dan haus juara dunia.

Tak jarang, pembalap yang belum genap berusia 20 tahun bisa mendapatkan kesempatan emas menduduki kokpit mobil jet darat. Beberapa tahun kemudian mereka berhasil menjadi juara dunia.

Penasaran siapa saja deretan pembalap F1 yang bisa menjadi juara dunia di usia muda? Berikut nama-nama mereka, yang dikutip dari Mainmain (Disway National Network).

1. Sebastian Vettel (23 Tahun dan 133 Hari)

Bakat Vettel sudah tercium oleh banyak tim F1 sejak awal karirnya. Pembalap Jerman itu menjadi pembalap termuda yang mencetak poin pertama saat membalap untuk BMW Sauber pada 2007.

Di tahun berikutnya Vettel memecahkan rekor pole sitter termuda. Sekaligus pememang balapan di GP Monza.

Musim 2010 menjadi titik balik karier membalapa Vettel. Ia berhasil menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah F1, sekaligus menyalip rival terdekatnya saat itu, Fernando Alonso di klasemen akhir pembalap.

Kemenangan di Yas Marina membawanya menjadi salah satu dari dua pembalap yang memperoleh juara dunia di usia 23 tahun. Tiga tahun berselang, dia masih mendominasi F1 dengan total empat gelar berturut-turut.

2. Lewis Hamilton (23 Tahun dan 300 Hari)

Lewis Hamilton hampir saja menjadi pembalap pertama yang memenangkan gelar di musim perdananya ketika masih berusia 22 tahun.

Sayangnya, ia kehilangan kans tersebut di balapan terakhir kala itu. Ia kalah dari Kimi Raikkonen. Untungnya, ia berhasil comeback setahun kemudian untuk membayar kesalahannya.

Meski demikian, Hamilton harus menunggu enam tahun lagi untuk mendapatkan gelar keduanya. Sejak saat itulah dia mendapatkan berbagai gelar hingga menjadi pembalap dengan torehan tujuh kali.

3. Fernando Alonso (24 Tahun dan 58 Hari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: