DBL Surabaya Siap Digelar, Apakah Kembali Milik St. Louis dan Gloria 1?

DBL Surabaya Siap Digelar, Apakah Kembali Milik St. Louis dan Gloria 1?

Suasana pembukaan kompetisi basket DBL di DBL Arena, Surabaya, tahun lalu.--

HARIAN DISWAY - Gelaran panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 segera dimulai. Musim ini, DBL Indonesia kembali mengawal ribuan student athlete yang tersebar di 30 kota dan 22 provinsi dari seluruh Indonesia yang punya ambisi untuk meraih mimpinya.

 

Kota kelahiran, Surabaya lagi-lagi menjadi sandaran pertama musim ini. Sebanyak 72 tim putra plus 43 tim putri bakal berjuang habis-habisan demi titel juara Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region (DBL Surabaya). 

 

DBL Arena Surabaya kembali ditunjuk sebagai saksi bisu dari perjuangan para peserta yang akan terjadi selama kurang lebih dua bulan ke depan. Tepatnya pada 21 Juli-2 September 2023.

 

Masih sama seperti musim-musim sebelumnya, para finalis DBL Surabaya akan bertolak ke Championship Series dan kembali bertanding melawan tim-tim unggulan dari tiga region lain di Jawa Timur. Antara lain Malang, Jember, dan Madiun.


Babak Championship Series merupakan ajang pembuktian bagi para delegasi terkuat dari masing-masing region terkait siapakah Raja dan Ratu Jawa Timur sesungguhnya.

 

SMA Gloria 1 Surabaya adalah juara bertahan dari sektor putri selama tiga musim terakhir. Menyambut gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region, target mereka tetap bulat. Ingin melanjutkan tren juara.

 

"Kami sadar akan pressure dalam mempertahankan gelar juara musim ini. Jadi selama libur, kami tetap latihan pagi-sore, dari Senin sampai Sabtu. Lumayan hectic juga, tapi kami punya target untuk kembali menjadi juara," tegas Jane Lavinia Chiang, pemain Gloria 1.

 

Beralih ke sektor putra. SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui) juga menjadi tim langganan juara. Bahkan musim lalu, mereka baru saja menyukseskan misi Quadruple usai menumbangkan rivalnya, SMAN 2 Surabaya dengan kemenangan mutlak 83-30.

 

Disinggung mengenai persiapan, Cliffton Wijaya, pemain Sinlui yang juga terpilih sebagai KFC DBL Indonesia All-Star 2023 menegaskan bahwa timnya sedang fokus melakukan uji tanding.

 

"Harus siap buat musim baru. Ini mau sparing dengan Line Spartan. Pokoknya, tentara harus siap!" tegasnya.

 

Ratusan sekolah bakal bersaing untuk mematahkan dominasi kedua tim tersebut musim ini. Bahkan beberapa tim debutan juga tak mau kalah. Salah satunya SMA Little Sun Surabaya.

 

"Ini kali pertama kami ikut DBL. Kebanyakan pemain kami juga kebetulan sudah menginjak kelas 12," tegas Robert, kapten Little Sun.

 

"Karena banyak yang tahun terakhir, jadi Little Sun berupaya untuk menunjukkan segala potensi kami dalam bermain basket. Little Sun berusaha sekuat tenaga untuk menampilkan yang terbaik. Kami siap taklukkan arena!" sambungnya.

 

Di sela-sela kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region, juga terdapat ajang Pond’s Men 3x3 Competition untuk siswa SMA/sederajat dan Junior Exhibition Game untuk siswa SMP/sederajat.

 

Untuk pendaftaran Pond’s Men 3x3 Competition sendiri diperpanjang sampai 21 Juli 2023. Sedangkan untuk registrasi Junior Exhibition Game sudah ditutup sejak 13 Juli 2023 silam.

 

Selain kompetisi basket, gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series-North Region juga menggelar DBL Dance Competition 2023 dengan tajuk “FYP”. Yang tak lain akronim dari Fun, Youthful, dan Popular.

 

Tema ini bertujuan untuk merepresentasikan Gen Z, generasi muda yang dibesarkan dalam lingkungan serba digital yang memiliki karakter aktif, dinamis, dan selalu up to date dengan trend di sosial media dan teknologi masa kini.

 

Para suporter juga bebas berkreasi musim ini. Panggung DBL Arena Surabaya terbuka bagi para pendukung masing-masing sekolah yang ingin menyampaikan pesan melalui sebuah karya.

 

Jika musim lalu suporter SMAN 19 Surabaya atau Nineteen Mania berhasil menyabet gelar Supporter of the Year, kini mereka harus kembali bersaing dengan puluhan sekolah yang kembali berpartisipasi.

 

Dengan mengusung tajuk #SatuHati Untuk Almamater, terdapat tujuh kategori penghargaan yang akan dibagikan. Mulai dari Best Supporter, Best Coordinator, Best Choreography, Best 3 Mascot, Best Chant, Almamater Video Contest, hingga BeAT Most Favorite Supporter.

 

Sistem yang digunakan untuk kategori BeAT Most Favorite Supporter masih sama seperti musim lalu. Di mana proses voting akan dilakukan secara terbuka melalui media sosial Instagram @dblsub.

 

Melihat gelaran DBL Surabaya yang sudah di depan mata, Maycello Ade Rahadian sebagai Wakil Koordinator SMAN 1 Surabaya atau Sijimania mewakili suara para suporter lainnya.

 

Mereka siap menyajikan persaingan positif dengan beradu kreativitas. "Persiapan kami semua sudah 1001 persen, jadi sampai bertemu di arena!" tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: