Bandara Soetta Bakal Diperluas, Bisa Tampung 110 Juta Penumpang Per Tahun

Bandara Soetta Bakal Diperluas, Bisa Tampung 110 Juta Penumpang Per Tahun

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau proyek revitalisasi Bandara Soetta-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten bakal diperluas. 

Proyek perluasan saat ini tengah berlangsung baik di sisi infrastruktur darat (land side) maupun dukungan operasional sisi udara (air side).  

Di sisi darat, PT Angkasa Pura II melakukan perluasan terminal penumpang domestik 1B dan 1C serta terminal 2F yang melayani penerbangan internasional.  

BACA JUGA:Selain Penerbangan Umroh, Bandara Kediri Juga Kuatkan Pariwisata

Terminal 1B dan 1C dikerjakan oleh kontraktor PT. Pembangunan Perumahan (PP), sementara terminal 2F dikerjakan oleh PT Adhi Karya.  

“Revitalisasi terminal untuk meningkatkan kapasitas penumpang dari 65 juta per tahun menjadi 110 juta per tahun. Terminal 2F yang untuk internasional akan diperluas menjadi 70 ribu meter persegi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin, 22 Juli 2023.  

Menhub menjelaskan, perluasan dibutuhkan untuk mengakomodir demand atau permintaan penerbangan dari dan ke Jakarta melalui Bandara Soetta yang semakin meningkat. 

BACA JUGA:Bandara Kertajati Mulai Ramai Layani Kedatangan Jamaah Haji

“Kurang lebih sekitar 6 bulan lagi ini semua bisa diselesaikan sehingga dapat memenuhi demand yang semakin meningkat. Bandara Soetta akan menjadi showcase-nya negara Indonesia di mata dunia,” ucapnya.

Sementara di sisi udara, dilakukan pengerjaan landasan pacu (runway) oleh AP II dan pemasangan software atau sistem oleh Airnav Indonesia untuk meningkatkan produktivitas pergerakan pesawat yang lepas landas maupun mendarat (take off/landing).

Menhub melakukan peninjauan proyek revitalisasi Bandara Soekarno Hatta pada Minggu, 22 Juli 2023. Revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas pergerakan penumpang dan pesawat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: