Randy Meisner Meninggal dalam Usia 77 Tahun karena Komplikasi PPOK

Randy Meisner Meninggal dalam Usia 77 Tahun karena Komplikasi PPOK

Randy Weisner saat masih hidup.-TMZ-

HARIAN DISWAY - Dunia musik kembali berduka. Randy Meisner, basis ternama sekaligus salah seorang pendiri grup musik Eagles, meninggal dunia pada usia 77 tahun. Musisi senior yang dikenang sebagai penulis sekaligus yang menyanyikan Take It to The Limit itu meninggal dunia pada 26 Juli 2023 di Los Angeles. 

Penyebabnya, Meisner yang juga vokalis latar itu menderita komplikasi Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Demikian seperti yang dituturkan dalam situs Eagles.

Atas kepergiannya, situs Eagles menulis kenangan tentang sosok Meisner. "Randy adalah bagian integral dari Eagles dan berperan penting dalam kesuksesan awal band. Jangkauan vokalnya mencengangkan. Seperti yang terlihat pada balada khasnya, Take It to the Limit."

Meisner lahir pada 8 Maret 1946 di Scottsbluff, Nebraska. Ia membentuk band pertamanya, The Dynamics, pada awal ’1960an. Sebelum bergabung dengan Soul Survivors, grup yang kemudian berganti nama menjadi the Poor dan pernah berkolaborasi dengan Jimi Hendrix. 

Setelah the Poor bubar, Meisner bergabung dengan Poco, sebuah country-rock yang didirikan oleh mantan anggota Buffalo Springfield, Richie Furay dan Jim Messina. Namun, kebersamaannya dengan The Poor tak berlangsung lama. Sebab Meisner keluar dari band sesaat sebelum merilis album debutnya pada 1969.

Meisner selanjutnya bergabung dengan Stone Canyon Band sebagai grup pendukung untuk Ricky Nelson, pada 1969. Dalam band itu, ia bersama dengan rekannya, musisi populer Allen Kemp dan Pat Shanahan. Dia juga bermain bass di studio session untuk beberapa artis, termasuk James Taylor dan Waylon Jennings.

Meisner menjadi bassis di band pendukung Linda Ronstadt pada 1971. Saat itu ia tampil bersama Don Henley, Glenn Frey, dan Bernie Leadon. Kuartet itu menyatu dengan sangat baik di atas panggung dan di studio. 
Randy Meisner saat muda dengan gitarnya. Foto ini diambil pada 6 Maret 1981 saat ia tampil di Chicago. -TMZ-

Sehingga mereka meninggalkan Ronstadt untuk membentuk Eagles dan merilis album debut self-titledmereka pada 1972 yang cukup menuai kesuksesan. Meisner sendiri menyanyikan lagu utama dalam tiga lagu album itu yakni Most of Us Are Sad, Take the Devil, dan Tryin.

Kebersamaannya dengan Eagles berlangsung untuk empat album berikutnya: Desperado, On the Border, One of These Nights, dan Hotel California. Harmoni dari permainan bassnya menjadi bagian yang menentukan.  

Bersama Eagles pula ia menyanyikan lagu-lagu hits. Seperti Certain Kind of Fool, Midnight Flyer, Is It True?, Too Many Hands, Try dan Love Again serta single hits populernya: Take It to the Limit.

Meisner meninggalkan Eagles pada 1977. Lantas merilis tiga album solo: Randy Meisner, One More Song, dan album self-title lainnya yang masing-masing dirilis pada 1978, 1980, dan 1982. Single-nya Hearts on Fire mencapai #19 di Billboard Hot 100. Sementara Deep Inside My Heart mencapai #22.

Album ketiga Meisner menampilkan duetnya dengan Ann Wilson dari Heart. Album itu bertajuk Strangers. Meisner sempat bersatu kembali dengan Eagles untuk induksi grup dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1998. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: