Infrastruktur IKN On Schedule, Bisa Dibuat Upacara Bendera 17 Agustus 2024

Infrastruktur IKN On Schedule, Bisa Dibuat Upacara Bendera 17 Agustus 2024

Progress pembangunan KIPP Istana Presiden IKN Nusantara -Kementerian PUPR-

HARIAN DISWAY - Progress pembangunan infrastruktur dasar Ibukota Negara (IKN) Nusantara dinyatakan berjalan sesuai jadwal.  

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa hingga saat ini, progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 36 persen.  

“Seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule),” jelas Basuki di sela-sela kunjungan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Jumat 28 Juli 2023.

BACA JUGA:Setelah Jakarta-Bandung, Pemerintah Jajaki Kerjasama Dengan Tiongkok Untuk Kereta IKN 

Basuki bahkan menyebut bahwa ada beberapa progres pembangunan berjalan lebih cepat dari rencana. Antara lain pembangunan bangunan Gedung Istana Negara, Kantor Presiden dan Penataan Sumbu Kebangsaan.

Basuki menjelaskan, di depan kawasan Istana Presiden saat ini tengah dibangun plaza dan lapangan upacara. Ia berharap pada akhir Desember 2023, tempat upacaranya sudah selesai.  

Sedangkan Istana Negara dan Kantor Presiden akan selesai pada Juli 2024. “Sehingga Insya Allah jika Presiden berencana upacara 17 Agustus 2024 sudah bisa," Basuki. 

BACA JUGA:Poros Kebangsaan IKN Mulai Dibangun

Alumni SMAN 05 Surabaya tersebut menjelaskan, pihaknya fokus mengembangkan KIPP di Zona 1A karena Kementerian PUPR mendapat amanah untuk pembangunan infrastruktur dasar menggunakan dana APBN yang sudah disediakan oleh Kementerian Keuangan. 

Infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan di KIPP ini merupakan modal bagi Otorita IKN Nusantara untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor untuk berinvestasi. 

“Saya mendapat informasi bahwa beberapa investor sudah akan masuk dan segera mulai konstruksinya (groundbreaking), seperti kantor BUMN, Bank Indonesia, Pertamina, Rumah Sakit Hermina, dan hotel-hotel," jelas Basuki.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: