Mengulik Jenis-Jenis Penyakit Hepatitis, Ada yang Sampai Penyakit Kronis

Mengulik Jenis-Jenis Penyakit Hepatitis, Ada yang Sampai Penyakit Kronis

Ilustrasi seorang wanita yang terserang hepatitis.-Alodokter-www.alodokter.com

HARIAN DISWAY - Hari Hepatitis Sedunia baru saja diperingati pada 28 Juli 2023. Terkenal sebagai penyakit yang mengancam jiwa, Hepatitis memiliki lima jenis. 

Virus hepatitis menyerang organ hati. Hati akan mengalami gangguan bahkan mengalami peradangan yang serius. 

Hepatitis terbagi menjadi dua golongan. Hepatitis akut terjadi selama kurang dari enam bulan. Ada pula hepatitis kronis yang terjadi lebih dari enam bulan. 

Di antara hepatitis A, B, C, D, dan E, yang harus diwaspadai secara serius adalah hepatitis B dan C. Keduanya menyerang jutaan manusia sampai memunculkan kanker hati.

BACA JUGA: Pagari Sekolah hingga Ponpes dari Hepatitis Akut

Berikut ini adalah jenis-jenis hepatitis yang ditemukan pada manusia:

Hepatitis A

Hepatitis A termasuk dalam golongan hepatitis akut. Penderita hepatitis A akan sembuh total dengan sendirinya dan penyakitnya takkan berkembang menjadi hepatitis kronis. Mereka bisa menjadi dapat kebal terhadap infeksi virus hepatitis A.

Gejala yang dialami cukup ringan hingga sedang. Hepatitis A muncul akibat faktor kebersihan lingkungan dan pola hidup yang tidak sehat.

Penularannya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus. Atau, menggunakan air yang tercemar oleh feses penderita. Penularan lainnya adalah berkontak langsung dengan penderita. Misalnya melakukan hubungan seksual.

Vaksin terhadap virus hepatitis A dapat mencegah terjadinya penularan.

BACA JUGA: Bantah Bocah di Tulungagung Mati karena Hepatitis Akut

Hepatitis B

Hepatitis B dikenal sebagai penyakit yang dapat berkembang menjadi hepatitis kronis. Bisa dikatakan paling berbahaya karena susah diobati. Namun, hepatitis B ada yang dapat sembuh selama 6 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com