Cheng Yu Pilihan Pengusaha Asal Bandung Eddy Tan: Yan Er You Xin

Cheng Yu Pilihan Pengusaha Asal Bandung Eddy Tan: Yan Er You Xin

Cheng Yu Eddy Tan--

EDDY TAN punya banyak sekali cheng yu kesukaan. "Bukan hanya ratusan, tapi ribuan yang menurut saya bagus-bagus," kata tokoh sekaligus pengusaha asal Bandung itu, ketika ditanya apa Cheng Yu favoritnya. Dengan cepat, ia kemudian mengirimi 14 Cheng Yu. Tentu Harian Disway akan memuatnya. Satu per satu. Nanti. 

Untuk edisi hari ini, cheng yu pilihan Eddy yang akan kami bahas adalah "言而有信" (yán ér yǒu xìn). Yang terjemahan bebasnya: ketika berbicara, harus bisa dipercaya. Tidak boleh esuk dele, sore tempe

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui apakah seseorang berkata jujur atau sebaliknya? Konfusius dalam kitab Lunyu menganjurkan kita untuk "听其言而观其行" (tīng qí yán ér guān qí xíng): dengarkan perkataannya, lalu amati perbuatannya.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Ahli Fengsui Universitas Tarumanagara Sidhi Wiguna Teh: Zi Mu Xiang Quan

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Menteri Luar Negeri 2001-2009 Hassan Wirajuda: Qian Li Zhi Xing, Shi Yu Zu Xia

Pasalnya, ditegaskan Konfusius dalam kitab yang sama, "论笃是与, 君子者乎, 色庄者乎" (lùn dǔ shì yǔ, jūn zǐ zhě hū, sè zhuāng zhě hū): kalau hanya memercayai kata-katanya, kita tidak akan tahu apakah orang tersebut benar-benar berakhlak atau pencitraan belaka.

'Dan biasanya, masih menurut Konfusius, "君子耻其言而过其行" (jūn zǐ chǐ qí yán ér guò qí xíng): orang yang berakhlak akan malu bila perkataannya bertolak belakang dengan perbuatannya. 

Mungkin itulah mengapa Konfusius menyebut salah satu ciri orang yang berakhlak mulia ialah yang pelan bicaranya tapi gesit kerjanya (君子欲讷于言而敏于行 jūn zǐ yù nè yú yán ér mǐn yú xíng).

Sebab, sebagaimana diingatkan pitutur luhur Tiongkok klasik, "一言既出,金玉不移" (yī yán jì chū, jīn yù bù yí): sekali perkataan diutarakan, emas dan giok yang berharga pun tak akan mampu mengubahnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: