Arti Juara Community Shield bagi Arsenal, Bukan Sekedar Trofi Hiburan

Arti Juara Community Shield bagi Arsenal, Bukan Sekedar Trofi Hiburan

Arsenal mengangkat trofi Community Shield, Minggu, 6 Agustus 2023. -Arsenal FC-

HARIAN DISWAY - Pertandingan Community Shield jarang sekali mendapat sorotan,  dan mungkin hanya dianggap sebagai trofi hiburan. Namun, dalam konteks bagaimana musim lalu berakhir bagi Arsenal, dampak psikologis kemenangan mereka atas Manchester City tentu begitu berharga.

Musim lalu, Arsenal memimpin klasemen Premier League selama 248 hari. Namun, kekalahan di akhir musim memungkinkan City mempertahankan gelar. Tidak hanya itu, Arsenal tampaknya tidak memiliki jawaban untuk menghadapi City sepanjang musim lalu.

Mereka berhadapan tiga kali - dua kali di Premier League dan sekali di Piala FA - dan kalah dalam ketiganya dengan selisih skor agregat 8-2.

Fakta ini menunjukkan bahwa Arsenal telah kalah dalam sembilan pertandingan terakhir mereka melawan juara. Meraih kemenangan atas rival mereka, tidak peduli kompetisinya, adalah hal penting bagi Arsenal untuk memastikan mereka tidak terkalahkan secara mental melawan tim asuhan Guardiola.


Fans Arsenal merayakan gelar juara di Community Shield, Minggu, 6 Agustus 2023. -Arsenal FC-

"Ini adalah tanda bahwa kami bisa mengalahkan Manchester City dalam pertandingan besar ketika itu penting," kata kiper Arsenal Aaron Ramsdale, seperti dikutip dati BBC Sport.

BACA JUGA:Kiper Arsenal Aaron Ramsdale Buka-Bukaan Soal LGBTQ+

BACA JUGA:Kartu AS dan Kartu (Mati) Arsenal

Mikel Arteta, manajer Arsenal, juga terdorong oleh hasil itu. , "Kami sekali lagi menunjukkan bahwa kami bisa bersaing melawan tim yang luar biasa. Akan ada banyak masalah dan tantangan di depan, tetapi kami tampil sangat baik," ucapnya.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengakui bahwa kehadiran pemain baru telah membawa Arsenal ke level yang lebih tinggi sebelum pertandingan tersebut. Pertandingan Community Shield juga menjadi panggung bagi sejumlah penandatanganan musim panas Arsenal.

Pemain tengah Inggris, Declan Rice, bergabung dari West Ham dengan biaya  100 juta poundsterling (Rp 1,9 triliun), sementara gelandang Jerman, Kai Havertz, bergabung dari Chelsea dengan biaya 65 juta poundsterling (Rp 1,2 triliun), dan bek Belanda Jurrien Timber, direkrut dari Ajax dengan biaya yang bisa mencapai 38.5 juta poundsterling (Rp 744 miliar).


Trofi Community Shield diraih Arsenal setelah mengalahkan Man City.-Arsenal FC-

Kehadiran ketiganya memberikan kedalaman yang penting bagi skuad Arsenal. Hasil Community Shield diyakini tidak akan memberikan dampak besar bagi tantangan gelar Arsenal musim ini. Roy Keane, mantan kapten Manchester United, menggarisbawahi kualitas dan ketangguhan City.  "Hasrat tidak akan diragukan bagi City. Kami tahu kualitas yang mereka miliki, mereka membutuhkan sedikit keberuntungan tentunya, tetapi mereka akan sangat sulit dihentikan," katanya.

Meskipun hasil Community Shield menandai awal yang positif bagi Arsenal, masih harus dilihat apakah itu akan berdampak signifikan pada persaingan gelar yang akan datang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: BBC Sport