Kepoin Jiufenghua, Band sejuta Prestasi dari UK Petra

Kepoin Jiufenghua, Band sejuta Prestasi dari UK Petra

Para musisi member Jiufenghua Band membawakan guzheng bersama-sama.-PCU untuk Harian Disway -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bisa memainkan berbagai macam jenis alat musik termasuk keahlian yang banyak dikejar oleh banyak orang. Mulai dari kontemporer hingga modern. Guzheng salah satunya. Itu adalah salah satu alat musik tradisional Tiongkok.  

Bermain guzheng butuh keahlian khusus. Bahkan saat ini terdapat beragam kompetisi bermain guzheng.

Satu dari perlombaan bergengsi adalah The 1st Chinese Cultural Practical Competition for Overseas Chinese Youths yang digelar Chinese News Service.

Dalam kontestasi itu, tujuh mahasiswi dari Chinese Department Petra Christian University (PCU) membuktikan kecakapan mereka dalam bermain guzheng. 

Ketujuh mahasiswa yang tergabung dalam Jiufenghua Band itu memulai kompetisi tingkat nasional pada Mei lalu. 

Mereka tampil membawakan lagu 男儿当自强 (Nan Er Dang Zi Qiang) secara live streaming melalui platform Zoom. 

Jiufenghua Band berhasil meraih Juara 1, dan melanjutkan kompetisi di tingkat internasional.

The 1st Chinese Cultural Practical Competition, sesuai namanya, mengajak anak muda memahami, mempelajari, dan mencintai budaya Tionghoa.

Cabang lombanya pun terdiri dari empat jenis. Yaitu Desain Karakter Tionghoa, Kaligrafi Tionghoa, Lukisan Tradisional Tionghoa, dan Musik Tradisional Tionghoa.

Perlombaan tingkat internasional digelar pada 16 Juni 2023, di Xin Zhong School secara online. Dengan membawakan lagu 青花瓷 (Blue and White Porcelain), Jiufenghua Band berhasil meraih Juara 2 di tingkat internasional. 

Hal itu menjadi bukti kerja sama tim yang kompak dari para anggota Jiufenghua Band. 

Jiufenghua terdiri dari tujuh orang. Mereka adalah Gracelyne Christabel Halim, Jazllyn Ellena Sindarto, Daniella Yosia Wibisono, Angeline Vivian Tanjaya, Janice Felicia Sugiyanto, Gloria Jessica Ignacia, dan Jocelyn Trisha Gunardi.

Jiufenghua Band bermula dari tergabungnya para personel dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Chinese Culture and Arts di PCU. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: