Kabel di Jakarta Makan Leher Lagi

Kabel di Jakarta Makan Leher Lagi

BERANTAKANNYA kabel di Jakarta kembali makan korban. Kali ini pengendara sepeda motor terluka di leher karena terkena kabel.-kabel-

Dikutip dari data IKN, sistem listrik (dan kabel-kabel lain) bawah tanah telah diterapkan di Istana Kepresidenan Jakarta di IKN sejak 1 Agustus 2023. Juga, sistem kelistrikan tercanggih se-Asia Tenggara.

Disebutkan, kelistrikan berkonsep state of the art of technology dengan berbasis pasokan listrik ramah lingkungan, indah, dan didukung teknologi pintar.

Selain semua kabel di bawah tanah, trafo, UPS, dan genset pun berada di bawah tanah. Kedalaman 10 meter. Dijamin aman dari hujan badai, petir, dan panas matahari, bahkan aman dari banjir. Karena ruang bawah tanah itu selain dalam, juga luas. Dilengkapi teknologi pintar.

Seperti apa bentuknya? Kelak Anda akan melihat sendiri.

Tragedi jerat kabel di Jakarta terjadi karena konsep tata kota dibangun zaman Belanda. Ketika Jakarta bernama Batavia masih sepi, dulu. Sekarang, untuk mengubah jadi kabel bawah tanah, dibutuhkan perjuangan luar biasa keras. Sedangkan di IKN lahan kosong yang baru dibentuk.

Maka, jika Gubernur DKI Heru kaget mendengar ada orang terjerat kabel, juga aneh. Karena sudah pasti, centang perenang kabel-kabel tua di atas jalanan Jakarta itu bakal putus. Tinggal tunggu giliran, leher pemotor mana yang bakal tersambit. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: