Bola, Olimpiade, dan Tinju Magnet Utama

Bola, Olimpiade, dan Tinju Magnet Utama

CRISTIANO Ronaldo jadi inisiator yang menarik sejumlah bintang elite Eropa, bahkan dunia, untuk bermain di negeri petrodolar. Kini Arab Saudi berniat menggelar Olimpiade di negara itu. Uniknya, mereka juga ingin menggalakkan tinju. Padahal, di Amerika Ser--

Arab Saudi telah menggerebek elite Eropa. Negara Teluk itu menggoda Cristiano Ronaldo dan kapten Inggris dengan tawaran yang mengejutkan. Ternyata bukan hanya sepak bola. Negeri petrodolar tersebut juga menargetkan Olimpiade dan tinju. Katanya, biar membuat penduduk muda tetap terhibur.

==========

BAGIAN paling mencolok dari perjalanan dari Bandara Riyadh ke pusat kota adalah keberadaan Distrik Keuangan Raja Abdullah yang menjulang tinggi.

Selesai pada 2017, bagian paling mencolok itu adalah sekelompok 10 gedung pencakar langit yang berkilauan dan menjadi markas besar Dana Investasi Publik pemegang dompet.

Biayanya sangat menggiurkan, GBP 6,3 miliar. Tersiar kabar bahwa mereka berencana untuk memperluas kelompok gedung itu menjadi sembilan kali lipat dari ukurannya saat ini. 

Bandara itu sendiri dialokasikan untuk perluasan besar-besaran yang didanai PIF. Enam landasan pacu direncanakan akan dibangun di sana. Bandara itu akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. PIF berencana melayani 120 juta penumpang setiap tahun. Soal biaya tidak perlu ragu. Dananya tidak terbatas. 

Selamat datang di Arab Saudi. Itulah tanah di mana uang bukan masalah. Pada Jumat hari ini, Liga Pro negara itu dimulai. Pada malam pembukaan, Al-Ahli yang berbasis di Jeddah menghadapi Al-Hazm. Itu adalah Al-Ahli yang, di jendela transfer, menggerebek Liga Premier untuk Edouard Mendy dari Chelsea, Riyad Mahrez dari Manchester City, Roberto Firmino dari Liverpool, dan Allan Saint-Maximin dari Newcastle.

Baca Juga : Profil Halima Boland, Miss Arab 2007 yang Ngaku Janjian dengan Ronaldo di Hotel

Masing-masing akan menerima gaji yang jauh lebih besar dari gaji yang mereka kantongi di Inggris. Dalam kasus Mahrez, dilaporkan ia akan menerima GBP 43 juta setahun. Bayangkan, besarnya lima kali lipat dari uang yang dibayarkan City (hampir tidak kekurangan uang) kepadanya. Karim Benzema dan Jordan Henderson sudah ada di sana. 

Henderson yang dijuluki pria Liverpool itu tampaknya siap untuk bekerja sama dengan Steven Gerrard. Ia mengambil reaksi besar untuk mendapatkan uang besar. Ia digaji GBP 700 ribu per pekan. Akan ada lebih banyak lagi janji para eksekutif. Janji para bintang yang datang ke sana. Konon, Neymar kini juga sedang dirayu agar mau bermain di negara Teluk itu. 


KARIM Benzema adalah megabintang lain yang ikut merapat ke Arab Saudi. Belakangan Neymar sedang dipantau karena situasinya di Paris Saint-Germain. Klub Eropa tidak berani membelinya karena Neymar disebut-sebut sebagai salah satu pemain kaca yang rawan ced--

Ketika Al-Hilal meluncurkan tawaran GBP 259 juta untuk Kylian Mbappe dari PSG, dapat dipahami bahwa tawaran itu adalah GBP 600 juta untuk pekerjaan selama setahun. Artinya, gajinya adalah GBP 11,5 juta seminggu. Mail Sport telah diberi tahu bahwa pelatih yang datang ke sana dari Eropa mendapatkan penghasilan dalam sebulan yang membutuhkan waktu setahun untuk diakumulasikan di rumah.

Dengan makin dekatnya musim di sana, perasaannya adalah meskipun ini mungkin bukan uang receh, ini adalah investasi yang berharga. ”Jika itu yang diperlukan, itulah yang diperlukan,” kata satu sumber. 

Lebih banyak kemungkinan akan dihabiskan untuk membangun stadion baru yang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia yang, setelah Qatar, banyak orang merasa tidak dapat dihindari. Saudi telah membeli golf dan Komite Olimpiade Internasional sangat tertarik untuk mengadakan Olimpiade pada 2036.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: