Bila Golkar Dukung Prabowo, Cawapresnya Airlangga atau Muhaimin?

Bila Golkar Dukung Prabowo, Cawapresnya Airlangga atau Muhaimin?

Meteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah di kantor Kemenhan.-Kemenhan-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Partai Gerindra sangat yakin Partai Golkar segera memutuskan untuk bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Sehingga, tiga partai besar: Gerindra, Partai Golkar, dan PKB, akan menjadi pengusung Prabowo Subianto dan Pilpres 2024.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, masuknya Partai Gerindra sangat penting bagi kekuatan koalisi. Bila Golkar bergabung, berarti kekuatan koalisi adakah 38,33 persen dari kursi parlemen. Belum lagi kalau PAN juga bergabung.

"Partai Golkar ini partai lama, partai kuat yang memiliki segudang pengalaman dalam proses politik," ujar Ahmad Muzani setelah menghadiri Konsolidasi Partai Gerindra Jakarta Selatan di Lapangan Blok S, Jakarta, 12 Agustus 2023.

BACA JUGA:PKB Tunggu Arah Angin Jokowi, Lebih Sreg dengan Gerindra Daripada PDIP

Partai Golkar memang belum memutuskan arah koalisinya. Tapi belakangan sinyal-sinyal berkoalisi dengan Gerindra begitu kuat. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan sering berkomunikasi dengan Prabowo.

Partai Golkar sempat menjalin koalisi dengan PPP dan PAN dengan nama Koalisi Indonesia Bsersatu (KIB). Namun koalisi itu bubar setelah PPP mendahului bergabung dengan PDI Perjuangan untuk mengusung Ganjar Pranowo.

Airlangga sendiri juga belum bisa bersikap karena munas partai mengamanatkan dirinya menjadi calon presiden. Partai Golkar juga sempat digoyang desakan Munaslub dari sejumlah kader. Airlangga dianggap tidak bisa mengangkat pamor partai untuk menghadapi Pemilu 2024.

BACA JUGA:Gerindra: Cawapres Prabowo Terserah Muhaimin

Saat konsolidasi dengan kader Gerindra di Lapangan Blok S, Ahmad Muzani meminta seluruh kader Gerindra tidak diam saja saat Prabowo Subianto diserang di media sosial. Ketiak ada yang memfitnah atau mendeskreditkan Prabowo, seluruh kader Gerindra harus memberikan counter. 

"Jadikan handphone-mu sebagai alat perjuangan untuk memenangkan Gerindra," kata Muzani.

Menurut Muzani, usia Prabowo memang sudah tidak muda lagi. Namun, kata Muzani, Prabowo tetap ingin berjuang. Selain itu desakan agar Prabowo maju dalam Pilpres juga sangat besar.

"Kekayaan yang dimiliki cukup lah untuk beliau tinggal hidup dan enak, tapi beliau tetap ingin berjuang. Tapi beliau atas permintaan ranting-ranting se-Jakarta, PAC se-Jakarta, DPC se-Jakarta, DPD Jakarta, dari seluruh Indonesia minta agar beliau maju sebagai capres 2024," ujarnya.

Untuk cawapres, kata Muzani, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar masih menjadi prioritas. Koalisi PKB dan Gerindra sudah terjalin erat selama setahun terakhir. Adanya koalisi juga menguntungkan masing-masing partai. Meski begitu, baik Gerindra maupun PKB tetap membangun komunikasi dengan partai lain. Termasuk dengan PDIP.

Muhaimin di Cianjur

DPP PKB juga terus membangun kekuatan menjelang Pemilu 2024. Muhaimin Iskandar diminta menjadi capres saat menghadiri Reuni Akbar ke-12 Ponpes Miftahul Huda al-Musri, Cianjur, Sabtu 12 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: