Gerindra: Cawapres Prabowo Terserah Muhaimin

Gerindra: Cawapres Prabowo Terserah Muhaimin

PUTRA PENDIRI NU Hasib Wahab "menjodohkan" Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar saat istighotsah di Gedung Wahab Chasbullah, Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras Jombang, 21 Mei 2023.-Dokumentasi DPP PKB-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ini jawaban Partai Gerindra saat PKB merajuk. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan bahwa PKB yang akan menentukan pendamping Prabowo Subianto. PKB sempat mengultimatum Gerindra untuk segera menentukan cawapres. Bila tidak segera ada kepastian, PKB akan mengevaluasi koalisinya dengan Gerindra. 

Pernyataan Ahmad Muzani ini memang tidak disampaikan di forum resmi partai. Sehingga tafsirnya bisa berbeda-beda. Muzani memastikan saat ini Gerindra hanya berkoalisi dengan PKB.

"Logikanya, kalau PKB mendukung Prabowo sebagai presiden, maka, calon wakil presidennya ditentukan oleh PKB. Tentu saja Pak Muhaimin. Berkali-kali saya bicara, bahwa Pak Muhaimin itu pemegang kuncinya. Bahkan kunci Inggris. Bisa dikecilkan. Bisa Juga dibesarkan," kata Muzani saat menghadiri ujian terbuka Program Doktor Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 12 Juni 2023. Yang diuji adalah Ketua Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Oleh karena itu, kata Muzani, Gerindra tidak akan mengintervensi PKB dalam mengambil keputusan tentang bakal cawapres Prabowo kelak. Termasuk ketika rekomendasi itu, dipergunakan sendiri oleh Muhaimin Iskandar

BACA JUGA:Kamis Putusan Sistem Pemilu Dibacakan, Perludem Tunggu Undangan MK

BACA JUGA:Silvio Berlusconi, Presiden AC Milan yang Suara Helikopternya Bikin Pemain Mengibaskan Ekor Kegirangan

"Namanya golden tiketnya yang pegang Pak Muhaimin, ya terserah beliau. Bisa dipakai sendiri. Atau diberikan ke orang lain. Pak Prabowo sudah sampaikan itu berkali-kali kepada Pak Muhaimin," kata Muzani. 

Baik PKB maupun Gerindra masih membuka komunikasi dengan partai lain. Gerindra baru saja bertemu dengan PAN. Bahkan PAN menawarkan kepada Prabowo Subianto untuk berpasangan dengan Menteru BUMN Erick Thohir. 

"Isi pertemuan itu kami sampaikan semua ke PKB. Tidak ada yang ditutup-tutupin. Kami juga saling percaya. Ketika PKB bertemu dan berkomunikasi dengan siapapun, kami percaya. Begitu juga sebaliknya. Semua yang dilakukan itu, kami yakin itu adalah cara untuk menguatkan koalisi," katanya lagi. 

Di sisi lain, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar juga tengah bersiap bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.  Gerindra juga tidak mempersoalkan hal tersebut. (Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: