Indonesianis Asal Rusia Ucapkan Selamat HUT RI Lewat Pop-up Book

Indonesianis Asal Rusia Ucapkan Selamat HUT RI Lewat Pop-up Book

Karya seni pop up book karya Volodymyr Kyrychenko, ucap selamat Hari Kemerdekaan RI ke 78.-Volodymyr Kyrychenko-

RUSIA, HARIAN DISWAY - Tanggal 17 Agustus 2023, pukul 8 pagi. Seniman sekaligus Indonesianis asal Rusia, Volodymyr Kyrychenko, mengunggah ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

Bukan dalam bentuk ucapan atau semacam video statemen. Namun, lewat karya seni. Vlad, sapaan akrabnya, mengunggah pop-up book. Yakni seni instalasi dari kertas yang memiliki beberapa bagian halaman, dan dapat dibuka-tutup.

"Selamat Hari Kemerdekaan! Happy Independence Day, my beloved Indonesia and my lovely Indonesian friends! Stay strong, develop fast, live free and happy lives!," tulisnya dalam unggahan itu.

Sampul depan, berisi visual tangan memegang bendera merah putih. Bertuliskan: Merdeka, 17-8-45. Sisi benderanya dapat dibuka.

Ketika sisi bendera itu diarahkan ke luar, muncullah figur Bung Karno, seperti dalam foto sejarah, ketika Presiden pertama RI itu membaca naskah Proklamasi. Terdapat beberapa lipatan lagi dalam karya seninya itu.

Bagian selanjutnya terdapat visual wajah Ibu Kota, dengan tugu Monas di bagian tengah. Di sisi kanan dan kiri tugu itu terdapat lipatan bergambar gedung-gedung tinggi.
Pop-up Book karya Volodymyr Kyrychenko yang menampilkan figur Ir Soekarno saat membaca Proklamasi.-Volodymyr Kyrychenko-

Vlad menyertakan kertas-kertas lipatan yang bisa dibongkar-pasang. Tiap kertas memuat figur pahlawan nasional. Seperti Pangeran Diponegoro, HOS Tjokroaminoto dan figur pejuang. Kertas-kertas itu dapat diberdirikan dan ditempatkan di berbagai sisi halaman itu.

Dalam halaman itu, sisi bawah kanan-kiri dapat dibuka. Memanjang ke luar. Masing-masing berisi ikon tiap daerah serta figur Pahlawan Nasional. Selanjutnya, Vlad membuka halaman ketiga. Berisikan objek ondel-ondel di kanan-kiri. Di bagian tengah terdapat adegan perlombaan makan kerupuk khas Agustusan.

"Ini persembahan untuk saudara-saudari saya di Indonesia. Pop-up book. Ungkapan suka cita atas Hari Kemerdekaan, yang sedang mereka rayakan. Saya cinta Indonesia," ujarnya.

Dalam karya itu, ondel-ondel di sisi kiri dan kanan dapat dibuka. Muncul kembali visual bendera merah-putih di bagian kanan, serta Garuda Pancasila di sisi kiri. Itu merupakan halaman pamungkas.

Bagian belakangnya berisi visual seorang pemuda berpakaian casual putih, dengan logo garuda di dadanya.

Vlad memang dikenal sebagai Indonesianis. Ia begitu mencintai Indonesia sejak kunjungan pertamanya pada 2017. Ketika itu Vlad belajar banyak tentang seni-budaya Indonesia dan begitu tertarik, bahkan mendalaminya.

Di Rusia, kehadiran Vlad dianggap berbeda. Jika mayoritas perupa di sana mengetengahkan tema-tema bercorak Eropa, Vlad tampil dengan membawa budaya Indonesia.

Itulah yang membuat namanya dikenal luas. Karya-karyanya mendapat tanggapan positif dari para penikmat seni. Sebagian besar karya-karya Vlad dipajang di Moscow State Institute of International Relation (MGIMO).

Ia pun kerap menggalakkan "Diplomasi Wayang". Sebab, cerita wayang sering memberi jawaban atas banyak permasalahan.

"Dari wayang pula saya jatuh hati pada Indonesia. Maka, menyambut Hari Kemerdekaan ke-78, dari dalam lubuk hati, saya mengucapkan selamat pada masyarakat Indonesia yang saya cintai," pungkasnya.

Bagi Vlad, sosial-masyarakat, seni-budaya dari Indonesialah yang memberi spirit bagi dirinya. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: