Penting! 5 Tip Mencegah Tabung Elpiji Meledak, dari Perlengkapan sampai Ventilasi Harus Layak

Penting! 5 Tip Mencegah Tabung Elpiji Meledak, dari Perlengkapan sampai Ventilasi Harus Layak

PENTING! Ini 5 tips mencegah tabung gas elpiji meledak.-Pertamina-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Ledakan yang disebabkan oleh tabung gas elpiji masih banyak terjadi.

Pada 31 Maret 2023 lalu, tabung elpiji di sebuah rumah katering di Jalan Undaan Peneleh Gang VI Nomor 32, Genteng, Surabaya, meledak.

Kejadian tersebut memakan korban hingga tujuh orang. Salah seorang di antaranya adalah bayi berusia tiga tahun. Mereka mengalami luka bakar antara 5 persen hingga 25 persen.

Sedangkan pada Kamis, 17 Agustus 2023, terjadi ledakan serupa di coffee shop Blue Doors di Jalan Imam Bonjol nomor 21, Tegalsari, Surabaya.

BACA JUGA: Ledakan di Kafe Blue Doors Jalan Imam Bonjol, 3 Orang Jadi Korban dan 7 Rumah Ikut Terdampak

Tiga pegawainya menjadi korban. Salah seorangnya bahkan menderita luka bakar 70 persen. Ledakan yang terdengar hingga radius 800 meter itu juga berdampak pada tujuh rumah di sekitarnya.

Masyarakat harus belajar dari kejadian tersebut. Sehingga tidak jatuh korban lainnya.

Berikut tips untuk mencegah tabung elpiji meledak.

1. Harus SNI


PENTING! Ini 5 tips mencegah tabung gas elpiji meledak.-Pace Morris-Harian Disway-

Gunakan perlengkapan yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI). Mulai dari seperti regulator, selang, dan kompor gas, harus SNI. Karena peralatan ber-SNI sudah melewati uji kelayakan. Sehingga bisa meminimalkan terjadinya ledakan.

2. Pengecekan rutin

Lakukan pengecekan berkala pada peralatan. Masalah ini seringkali disepelekan. Selang harus dicek apakah ada kebocoran. Karena selang yang dipakai bertahun-tahun rawan rapuh. Bisa juga bocor karena digigit tikus. Jika mendengar suara berdesis, segera ganti regulator. Bisa jadi itu terjadi karena karet penahan gas sudah mulai longgar.

3. Jauhkan dari anak-anak

Jauhkan tabung dari kompor dan anak-anak. Letakkan tabung di bawah kompor dan agak jauh. Tujuannya, agar tabung tidak terpapar api sehingga memicu kebakaran. Jika ada anak-anak di rumah, usahakan menempatkan tabung di tempat yang sulit dijangkau oleh mereka.

4. Pastikan semua peralatan terpasang dengan benar


PENTING! Ini 5 tips mencegah tabung gas elpiji meledak.-Pace Morris-Harian Disway-

Regulator harus terpasang erat. Demikian juga dengan selang. Pastikan cincin pengikat dari selang ke kompor dan regulator benar-benar erat. Jika ada desisan dan bau gas, kemungkinan besar ada kesalahan pada pemasangan.

5. Ventilasi udara

Saat memasak, ventilasi harus terbuka. Beberapa kasus ledakan disebabkan karena gas yang bocor terperangkap di ruangan. Akumulasi gas itulah yang menyebabkan ledakan.

Karena itu, bukalah ventilasi atau pintu dapur saat memasak. Sehingga ada pertukaran udara. Campuran gas sangat sensitif dengan panas, dan dapat menjadi penyebab ledakan.

Dengan menerapkan 5 tips di atas, setidaknya kita bisa meminimalkan terjadinya ledakan tabung elpiji. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber