Mahfud MD: Capaian, Harapan, dan Tantangan Indonesia ke Depan

Mahfud MD: Capaian, Harapan, dan Tantangan Indonesia ke Depan

Mahfud MD saat memimpin upacara HUT RI ke-78 di kantor Kemenko Polhukam RI. -Akun Instagram @mohmahfudmd-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Perjalanan Indonesia selama 78 tahun saat ini sudah mencapai hasil yang signifikan bagi kemajuan bangsa. Tentu dengan banyak catatan, kekurangan dan kritikannya. Secara umum kita sudah jauh sangat maju seperti melakukan lompatan yang sudah tepat sebagai sebuah bangsa.

Dalam perayaan momen kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Menko Polhukam RI, Mahfud MD, merangkum capaian dan harapan bangsa Indonesia dengan penuh keyakinan. Dalam pidato yang disampaikan melalui akun Instagram pribadinya pada 17 Agustus 2023. 

Mahfud MD menegaskan, tujuan kemerdekaan tidak akan pernah berakhir. Indonesia sebagai negara yang telah melakukan lompatan besar dalam sejarahnya, saat ini masih memiliki tantangan besar.

"Dinamika perubahan yang terus menerus terjadi, antar generasi ke generasi berikutnya perlu adanya pembimbingan supaya generasi tersebut bisa terus meraih tujuan baru", terangnya.

Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam meraih status negara maju juga dijelaskan secara tegas oleh Menko Polhukam. Pertama, menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa yang memiliki berbagai macam perbedaan mulai dari suku, budaya, dan agama. 

Kedua, menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Ini bertujuan untuk mengelola kekayaan alam luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan 17.508 pulau yang tersebar dan dihuni oleh 280 juta jiwa.

Pendidikan, profesionalisme, dan rasa nasionalisme di antara masyarakat menjadi fokus dalam upaya mengoptimalkan potensi alam yang dimiliki.

Mahfud MD menyadari bahwa transformasi SDM perlu terus diperkuat guna menjaga dan mengelola kekayaan alam yang bisa menjadi sumber kekuatan dimasa depan. 

Dalam pandangan beliau, keberhasilan ini akan menjadikan Indonesia sebagai kekuatan geopolitik yang solid dalam wawasan Nusantara.

Dengan mengakhiri pidatonya, Menko Polhukam RI, Mahfud MD, mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Dirgahayu lah Negara Kesatuan Republik Indonesia.", pungkasnya.

Pidato ini mencerminkan komitmen dan visi pemerintah dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan, tetapi juga penuh potensi untuk terus berkembang.(Kevin Nizar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: