Awas, di Balik Embusan Angin Sejuk, Flu Mulai Melanda

Awas, di Balik Embusan Angin Sejuk, Flu Mulai Melanda

Foto ilustrasi orang terkena penyakit flu. --Freepik.com

HARIAN DISWAY - Angin semilir berembus dengan kesegarannya yang khas. Ini adalah tanda bahwa musim kemarau memasuki puncaknya. Namun, dinginnya malam serta keindahan mekaran bunga. Musim penyakit influenza atau flu juga ikut mengampiri masyarakat saat ini.

Menurut BMKG, Puncak Musim Kemarau 2023 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2023. Seperti biasa setiap tahunnya, musim kemarau di bulan Agustus membuat angin begitu kencang meniup.

Siapa sangka sang bayu kali ini seperti memainkan perannya dalam menyebarkan virus flu dengan cepat di antara populasi manusia. 

Saat memasuki puncak musim kemarau suhu malam hari semakin dingin, ruang-ruang tertutup menjadi tempat berkumpul yang nyaman. Tidak butuh waktu lama bagi virus flu untuk menyebar di antara orang-orang yang berinteraksi secara dekat. 

Dikutip dari halodoc.com, virus flu menyebar melalui udara dalam tetesan atau percikan liur (droplet) ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Kamu dapat menghirup tetesannya secara langsung, atau mendapatkan virus saat memegang benda tertentu, dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Flu adalah penyakit yang sangat menular dan dapat menyebar dengan cepat di mana pun. Penyakit ini dapat ditularkan oleh seseorang sejak sehari sebelum gejala timbul hingga 5 sampai 7 hari setelah mengalami sakit.

Gejala pertama muncul dengan perlahan, tenggorokan yang gatal, hidung yang meler, dan tubuh yang terasa lemah. Sebuah kisah yang sangat familiar saat ini bagi banyak orang.

Meskipun penyakit flu sering dianggap sebagai hal biasa, bagi sebagian orang, dampaknya bisa sangat mengganggu dalam beraktivitas. Namun, di tengah tantangan ini, muncul juga semangat gotong royong. Masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi untuk melindungi diri dan orang lain. 

Berikut cara sederhana yang bisa dilakukaan untuk menegah dari serangan virus flu yang sedang melanda:

Cuci Tangan

Jangan lupa selalu cuci tangan, ya! Saat kita bermain atau berada di tempat umum, kita bisa saja menyentuh sesuatu yang kotor. Nah, dengan mencuci tangan dengan sabun dan air, kita bisa menghilangkan kuman yang mungkin menempel di tangan kita.

Tutup Mulut dan Hidung

Ketika kita batuk atau bersin, kita bisa menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju bagian dalam. Ini membantu menghentikan kuman dari terbang ke mana-mana dan menular ke teman-teman kita.

Tapi terkadang, meski kita sudah hati-hati, virus flu masih bisa datang mengganggu. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi flu juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: