Sah! RI Resmi Boyong 24 Pesawat Tempur F-15EX

Sah! RI Resmi Boyong 24 Pesawat Tempur F-15EX

BORONG F-15EX: Jajaran Kementerian Pertahanan RI dan Petinggi Boeing berpose di depan pesawat tempur F-15EX di fasilitas Boeing Company, Missouri, AS-Kemenhan-

HARIAN DISWAY - Sempat dikabarkan kandas, Indonesia akhirnya berhasil mengamankan perjanjian untuk memboyong pesawat tempur F-15EX bikinan perusahaan Amerika Serikat Boeing. 

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengumumkan bahwa Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru pada Selasa, 22 Agustus 2023. 

Penandatanganan MoU dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri.

BACA JUGA:Elektabilitas Prabowo Unggul di Jatim, Gerindra Juga Bayangi PDIP dan PKB

“Penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 Unit Pesawat Tempur F-15EX,” kata Prabowo dalam unggahan foto di akun Instagramnya @prabowo. 

Dalam unggahan yang juga tersebut terlihat Prabowo turut menyaksikan penandatanganan MoU. Prabowo juga sempat menjajal menduduki kokpit F-15EX dengan tulisan di bawah jendela kokpitnya: Prabowo Subianto dan lambang elang botak. 

Sebelumnya pada November 2022 lalu, Prabowo memastikan rencana pembelian jet tempur F-15 sedang dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari pemerintah. 

BACA JUGA:Tidak Semua Kereta LRT Dioperasikan Pada Akhir Agustus 2023

Kepastian itu disampaikan Prabowo seusai melakukan pembicaraan empat mata dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di kantor Kemhan RI, Jakarta.

Menurut Prabowo saat itu, Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diberikan dan dia meyakini paket itu terjangkau. Ia juga mengatakan negosiasi telah berjalan dengan sangat baik.

Adapun Departemen Luar Negeri AS menyetujui potensi penjualan jet tempur F-15EX, perlengkapan, serta peralatan terkait kepada RI pada Februari 2022 lalu. 

"Kami tentu mendukung upaya Prabowo untuk terus memodernisasi sistem dan kemampuan pertahanan mereka dan kami ingin terus membantu dengan cara apapun yang kami bisa," kata Austin saat itu.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: