Adu Spek F-15 EX Milik AS vs Shukoi Su-27 Rusia

Adu Spek F-15 EX Milik AS vs Shukoi Su-27 Rusia

AVIONIK DAN DAYA ANGKUT SENJATA: F-15EX memiliki sistem avionik, fly by wire, pertahanan perang elektronik, fleksibilitas senjata dan misi yang bisa dieksekusi-Boeing-

HARIAN DISWAY – Boeing F-15EX Eagle II diluncurkan perdana pada 2 Februari 2021 oleh Amerika Serikat sebagai pengganti pendahulunya, F-15 C, untuk peningkatan dalam jangkauan dan laju kecepatan yang makin baik di kelasnya.

Pesawat tempur yang dirancang untuk mampu beroperasi di segala cuaca itu memiliki dua varian kursi serta menghadirkan struktur kekuatan yang lebih seimbang ketika penerbangan berlangsung.

Misalnya, peningkatan survivabilitas dengan radar dan sensor yang canggih. Itu membuat pesawat tempur jenis itu penuh dengan rangkaian peperangan elektronik untuk memberikan perlindungan dari ancaman yang muncul.

Pesawat itu juga dibekali kemampuan canggih yang didukung dengan arsitektur open mission system sehingga memungkinkan membawa M61 Vulcan sebanyak 6 laras meriam Gatling dengan 500 butir amunisi.

BACA JUGA:Sah! RI Resmi Boyong 24 Pesawat Tempur F-15EX

Terdapat 4 tiang sayap dengan total 23 cantelan, tiang badan pesawat, rak bom di CFT dengan kapasitas 29.500 pon atau seberat 13.400 kilogram. Selain itu, F-15 EX dibekali dengan radar Raytheon AN/APG-82 (V) 1 AESA.

F-15 EX memiliki flight deck atau kokpit yang menyediakan kemudahan dalam mengakses informasi secara real time ke berbagai titik medan perang. Meningkatkan pemahaman pilot tentang berbagai fitur di dalamnya, mengurangi beban kerja, mempercepat pengambilan keputusan, dan meningkatkan manajemen misi.

Dari segi spesifikasi, F-15EX memiliki panjang 19,446 meter, tinggi 5,64 meter, dengan lebar sayap 13,045 meter dan luas sayap 56,5 m2 . Kecepatan maksimum mencapai 2.656 km/jam, jarak tempur 1.272 kilometer, serta laju pendakian yang mencapai 250 meter per detik.

Dibandingkan dengan F-15EX buatan Amerika Serikat, Shukoi Su-27 buatan Rusia tak mau kalah dari segi performa dan spesifikasi. Pesawat tempur yang secara khusus dirancang sebagai pesaing utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat itu memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang supertinggi.

BACA JUGA:Tiongkok Kembali Kepung Taiwan, Bawa 9 Kapal Perang dan 58 Pesawat Tempur


Shukoi Su-27 milik Rusia lampaui Boeing F-15 EX Amerika dari segi menyergap target-wikipedia

Hal itu dibuktikan dengan kecepatan jelajah Su-27 yang mencapai 1.350 km/jam, jarak tempuh 3.530 km, serta kecepatan maksimal 2.500 km/jam dengan dua mesin tipe turbofan dan Saturn AL-31.

Dari segi bodi, pesawat yang lebih besar daripada MiG-29 itu mempunyai sayap yang dipasang menengah, tepatnya di bagian tengah badan pesawat yang berbentuk semidelta dengan ujung kotak. LERX memanjang di bawah dan depan akar sayap.

Memiliki saluran udara atau air intakes berbentuk kotak dan diagonally-cut atau terpotong secara diagonal yang terpasang di bawah sayap sepanjang bodi pesawat. Mempunyai penyimpanan bahan bakar dalam jumlah yang besar sebagai tambahan volume pada kelincahannya.

Pesawat Su-27 dipersenjatai dengan sebuah kanon Gryazev-Shipunov GSh-30-1 kaliber 30 mm di pangkal sayapnya dan mempunyai 10 cantelan senjata untuk tempat rudal Vympel R-73 (AA-11 Archer) dan rudal Vympel R-27 (AA-10 Alamo).

Keunggulan di atas memungkinkan Su-27 untuk menyergap multitarget dari jarak pantau 200 km dan hal itu akan melampaui deteksi radar APG-63 dari F-15 yang hanya sekitar 180 km untuk target ber-RCS 100 meter persegi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: