Sosok Dosen ITS Dr Agus Windharto, Desainer LRT Jabodebek

Sosok Dosen ITS  Dr Agus Windharto, Desainer LRT Jabodebek

Rancangan desain eksterior LRT Jabodebek -ITS Surabaya-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Warga Jabodebek bisa mulai menggunakan Lintas Raya Terpadu (LRT) pada 30 Agustus nanti. Selain cepat dan murah, kereta api ringan itu juga didesain agar memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Inilah sosok desainer bagian interior dan eksterior LRT Jabodebek: dosen Departemen Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dr Agus Windharto DEA.

Pengerjaan desainnya butuh waktu dua tahun. Mulai 2018 dan baru rampung pada 2020. Hasilnya pun sangat memuaskan. 

Bahkan, desain LRT Jabodebek ini meraih penghargaan Good Design Indonesia atau penghargaan karya desain terbaik di Indonesia pada tahun 2022 dari Kementerian Perdagangan.

BACA JUGA:Tidak Semua Kereta LRT Dioperasikan Pada Akhir Agustus 2023

BACA JUGA:Promo HUT RI Ke-78: Tiket Kereta Api Cuma 78 Ribu. Simak Ketentuan dan Tanggal Berlakunya

Agus menjelaskan, pengerjaan desain memang diawali dengan analisis stakeholder untuk mengetahui kebutuhan dari setiap pihak yang terlibat. Tujuannya untuk mengetahui batasan-batasan yang perlu diaplikasikan ke dalam desain. 


Dosen Departemen Desain Produk Industri ITS Dr Agus Windharto DEA menjadi salah satu sosok di balik rancangan desain eksterior dan interior kereta LRT Jabodebek-ITS Surabaya -

Tentu, agar sesuai dengan permintaan dari target yang disasar. "Informasi ini nantinya akan berdampak besar terhadap keseluruhan desain ataupun fitur yang akan dibuat," bebernya, Kamis, 24 Agustus 2023.

Pembuatan desain interior juga mengutamakan sisi ergonomis dan kenyamanan penumpang. Tak terkecuali bagi pengguna kursi roda. 

Beberapa pengaturan seperti lebar jalan maupun ruang untuk pergerakan kursi roda menjadi salah satu penentu tata letak ruangan di dalamnya.

“Antropometri penumpang menjadi salah satu pertimbangan yang menentukan tinggi ataupun rendah posisi peletakkan akomodasi di kereta ini," tandasnya.

Yang paling penting, aspek keselamatan juga menjadi salah satu pertimbangan. Bahkan menjadi penentu tata letak akomodasi serta aksesibilitas menuju ke pintu keluar. 

BACA JUGA:Promo HUT RI Ke-78: Tiket Kereta Api Cuma 78 Ribu. Simak Ketentuan dan Tanggal Berlakunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: