Tanggapan Jokowi Soal Usulan Megawati Bubarkan KPK

Tanggapan Jokowi Soal Usulan Megawati Bubarkan KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Set-

HARIAN DISWAY - Meskipun “dirasani” oleh Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri, Jokowi belum kepikiran untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Jokowi menanggapi usulan KPK di sela-sela kunjungannya di pasar Brahrang, Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, Jumat 25 Agustus 2023. 

Pria asal Solo tersebut memang sedang melakukan blusukan di sejumlah tempat di Sumatera Utara usai rangkaian lawatannya ke Afrika. 

BACA JUGA:Jokowi Ingin KTT BRICS Bisa Reformasi Tata Kelola Dunia

Jokowi menilai bahwa selama ini sistem yang berjalan di KPK sudah baik dan KPK juga rutin melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

“Lembaganya kan bagus, sistemnya sudah bagus. Tiap bulan juga ada OTT,” ujar Jokowi menanggapi pertanyaan wartawan. 

Meski demikian, Kepala Negara menyampaikan bahwa evaluasi tetap perlu dilakukan di semua lembaga negara, termasuk KPK.

“Mesti ada yang perlu dievaluasi, perlu diperbaiki, saya kira semua lembaga pasti ada kurangnya. Itu yang harus diperbaiki, harus dievaluasi,” tutur Kepala Negara.

BACA JUGA:Sambut Peserta Latgab Super Garuda Shield, TNI Kendalikan Arus Logistik dan Alutsista

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkapkan bahwa ia pernah mengusulkan untuk membubarkan KPK. Usulan itu ia sampaikan langsung ke Presiden Jokowi.

Presiden RI ke-5 tersebut menilai bahwa keberadaan KPK kini sudah tidak mampu untuk menekan korupsi di Indonesia. Ia merasa, upayanya mendirikan KPK pada tahun 2002 lalu sia-sia belaka. 

“Persoalannya penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum Indonesia ini yang sudah susah-susah saya buat KPK itu. Itu persoalannya,” kata Megawati di sebuah forum di Jakarta Selatan, 21 Agustus 2023 lalu. 

Itulah yang kemudian mendorong Megawati untuk mengusulkan pada Jokowi untuk membubarkan lembaga antirasuah tersebut. “Saya sampai kadang-kadang bilang ama Pak Jokowi 'Udah deh bubarin aja KPK itu, Pak, menurut saya nggak efektif,” katanya.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: