Tiga Mahasiswa Malaysia Kembali ke Negaranya setelah Selesaikan Kegiatan Inbound di Universitas Airlangga

Tiga Mahasiswa Malaysia Kembali ke Negaranya setelah Selesaikan Kegiatan Inbound di Universitas Airlangga

Foto bersama tiga mahasiswa asal Malaysia yang mengikuti kegiatan Inbound di Universitas Airlangga-Ahkyar-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Wakil Dekan Fakultas Vokasi, Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si mengadakan Farewell Ceremony bersama tiga mahasiswa asal Malaysia. Dalam rangka melepas kepulangan ketiga mahasiswa tersebut ke negara asalnya, malaysia. Setelah menjalankan kegiatan Inbound yang diadakan oleh progam studi D3 Perpustakaan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.


Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si. wakil dekan fakultas vokasi Unair menutup kegiatan Inbound mahasiswa UiTM Malaysia-Ahkyar-

Mahasiswa asal Universitas Teknologi Mara (UiTM) Selangor, Malaysia menjalani kegiatan Inbound full time (lebih dari 3 bulan) di Universitas Airlangga Surabaya. Siti Nur Fadhilah, Nur Dinayah, dan Siti Fatimah Zahra. Hampir 5 bulan mengikuti kegiatan Inbound di progam studi D3 Perpustakaan, Vokasi, Universitas Airlangga.

Kegiatan Inbound sendiri merupakan bentuk kerjasama Universitas Airlagga dengan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Malaysia. Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua yaitu, part time (3 bulan) dan full time (lebih dari 3 bulan).

Bertujuan untuk memperkuat hubungan networking antara kedua Universitas. “Agar mereka juga bisa merasakan pengalaman dan pembelajaran lintas internasional.” Kata Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si, Wakil Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.


Siti Nurfadhilah, Nur Dinayah, dan Siti Fatimah Zahra 3 mahasiswa Universitas Teknologi MARA (UiTM) Selangor, Malaysia.-Ahkyar-

Ketiganya menjalankan kegiatan intership di perpustakaan UNAIR serta mengikuti segala pembelajaran yang ada di program studi D3 Perpustakan UNAIR. Juga tergabung dalam sistem organisasi himpunan mahasiswa UNAIR.

Tak hanya itu, mereka juga malaksanakan pengabdian masyarakat, yaitu ikut mengajar di SD Negeri 1 Moyoketen, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung.

Ketika ditanya pendapat tentang kegiatan Inbound ini, mereka kompak menjawab seronok yang dalam bahasa indonesia berarti senang atau menyenangkan. Dengan adanya kegiatan ini mereka dapat menambah wawasan seperti cara kerja perpustakaan dan cara mengajar di sekolah yang ada di indonesia.

“Saya mendapatkan banyak pengalaman, seperti mengajar anak-anak di SD yang ada di tulungagung,” ujar salah satu dari ketiga mahasiswa tersebut, Siti Nur Fadhilah. “Dapat merasakan terjun langsung kelapangan, seperti di perpustakaan. Tidak melulu materi,” lanjutnya.

Mereka berpesan agar lebih menyiapkan mental untuk mengikuti kegiatan ini, karena jarakya yang jauh dan juga berpisah dengan keluarganya.


Wakil dekan fakultas vokasi Unair, Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si mengucapkan terima kasih kepada ketiga mahasiswa asal Malaysia-Ahkyar-

Tak hanya kegiatan Inbound. Tapi mereka juga bisa merasakan bagaimana proses pembelajaran yang ada di UNAIR dengan mengikuti proses perkuliahan selama mereka di sini. “Mereka bisa mengikuti perkuliahan disini, bagaimana perbedaan kuliah di indonesia dengan di malaysia,” kata wakil Dekan Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga.

Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si. juga mengatakan ketiga mahasiswa tersebut akan kembali ke negaranya pada Minggu, 20 Agustus 2023 karena sudah menyelesaikan kegiatan Inbound full time. Ia berharap dengan adanya kegiata ini bisa terjalin sinergi dan kolaborasi antara kedua universitas ini kedepannya dengan lebih baik. (Dwi Sukma Fitriani).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: