Penantian 7 Tahun, LRT Jabodebek Akhirnya Beroperasi

Penantian 7 Tahun, LRT Jabodebek Akhirnya Beroperasi

LRT RESMI BEROPERASI: Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat tinggi negara dalam peresmian LRT di Stasiun Cawang, Jakarta, Senin 28 Agustus-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Setelah melewati masa 7 tahun pembangunan, sistem transportasia rel modern Lintas Raya Terpadu (LRT) akhirnya resmi beroperasi Senin, 28 Agustus 2023. 

Sistem yang berasaskan kereta Light Rapid Transit (LRT) ini mulai dibangun pata tahun 2016 untuk membantu mengurangi kemacetan Ibukota DKI Jakarta. 

Peresmian dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Mensesneg Pratikno, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Stasiun Cawang, Jakarta.  

BACA JUGA:Presiden Jokowi Jajal LRT Jabodebek, Masyarakat Silahkan Coba Pukul 14.00

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! LRT Beroperasi Besok Langsung Tarif Promo, Jauh - Dekat Rp 5 Ribu ke Semua Tujuan

Masyarakat bisa mengandalkan light rail transit atau lintas raya terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) mulai hari ini, pukul 14.00 siang.

Jokowi berharap jalur LRT sepanjang 41,2 kilometer yang dibangun dengan anggaran Rp 32,6 triliun ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Jabodetabek dan sekitarnya.   

“Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik yang dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya,” katanya.

Hal ini penting agar kemacetan Ibukota bisa segera teratasi. Terutama polusi udara yang disebabkan tingginya mobilitas dengan Kendaraan Pribadi. 

BACA JUGA:Daftar Rute LRT Jabodetabek Lengkap Dengan Tarifnya

Usai memberikan sambutan, Jokowi melakukan tap-in kartu elektronik sebagai tanda peresmian pengoperasian LRT.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa LRT Jabodebek melengkapi transportasi massal yang sudah ada sebelumnya. Yaitu seperti kereta rel listrik (KRL), moda raya terpadu (MRT), dan bus raya terpadu (BRT).

“Setelah kita mulai MRT kini kita mengoperasikan LRT Jabodebek, lalu sebentar lagi kita akan menggunakan atau meresmikan kereta cepat antara Jakarta dan Bandung,” ujar Budi.

Masyarakat bisa langsung menjajal moda transportasi teranyar ini dengan melakukan tapping uang elektronik (e-Money) di pintu-pintu keberangkatan masing-masing stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: