Setelah 50 Tahun, Kasus Pembunuh Lady of The Dunes Ditutup

Setelah 50 Tahun,  Kasus Pembunuh Lady of The Dunes Ditutup

Poster tentang korban Ruth Maerie Terry.-Istimewa-

Misteri pembunuhan yang menghebohkan dunia, Cape Cod telah menemui titik terangnya. Secara resmi kasus Cape Cod ditutup pada 28 Agustus 2023. 

Ini dianggap misteri karena kasus baru terungkap 50 tahun setelahnya. Para penyidik mengungkapkan Lady of The Dunes, Ruth Marie Terry dibunuh suaminya. 

Ruth Marie Terry, 37, ditemukan tewas pada 26 Juli 1974 oleh salah satu keluarga di bukit pasir Cape Cod di Provincetown, Massachusetts. Tubuhnya hancurmembuat pihak kepolisian kesulitan mengidentifikasi Terry. Mereka hanya bisa menetapkan penemuan jasad Terry sebagai kasus pembunuhan.

Mengutip dari situs web pemerintah Provincetown, jasad Terry pertama kali ditemukan dalam keadaan telanjang. Tanpa busana telentang di atas handuk dengan bantasan celana jeans yang terlipat. Kepalanya hancur setengah. Tangannya pun telah lepas dari tubuh. Tidak ada senjata tajam di sekitar korban. Seolah si pembunuh tak mau meninggalkan jejaknya.

Polisi berasumsi Terry tewas tiga minggu sebelum ditemukan. Kemungkinan besar ia dihantam dengan benda keras hingga pingsan sebelum pembunuh mengeksekusinya. 

Wajahnya yang hancur membuat pihak kepolisian dan penyelidik kesusahan mengidentifikasinya. Karena ditemukan di bukit pasir, ia dengan julukan Lady of the Dunes. Kasus Lady of the Dunes ini sangat rumut. FBI sampai turun tangan untuk memecahkan kasus ini. 

Para penyelidik membutuhkan beberapa dekade untuk dapat mengidentifikasi korban, kanvas lingkungan, tinjauan ribuan kasus orang hilang, rekonstruksi wajah model tanah liat dan gambar regresi usia.

Pada tahun bulan Oktober 2022, FBI berhasil mengidentifikasi Lady of the Dunes sebagai Ruth Marie Terry, 37, dari Tennessee. Metode yang digunakan adalah silsilah genetik forensik yang dapat menjangkau lebih dalam ke silsilah keluarga korban atau tersangka.

Tak lama setelah sosok Lady of the Dunes terungkap. FBI juga berhasil menemukan pelaku pembunuh Terry. Pihaknya menyebut jika Muldavin, suami Terry, sedang liburan bersama pada tahun 1974. Mereka mengetahui Muldavin telah kembali liburan tanpa sang istri dan memberi tahu orang sekitar bahwa istrinya telah meninggal.

Menurut NBC News, Muldavin ditetapkan menjadi tersangka dalam hilangnya istri dan putri tirinya pada 1960-an. 

Namun belum sempat mempertangungjawabkan perbuatannya, Muldavin sudah meninggal pada tahun 2002. 

Muldavin merupakan seorang yang sering menjalani tindak kriminal. Ia pernah menjadi tersangka utama dalam pembunuhan tahun 1950 terhadap seorang supir truk roti, Henry Baird, dan pacarnya. 

Sama seperti Terry, Baird ditemukan telanjang, Namun Baird memiliki luka tembak di bagian belakang kepala. Sedangkan mayat Kelly tidak ditemukan. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: