Masa Jabatan Ridwan Kamil Berakhir, Dahlan Iskan: Cocok Dipasangan Ganjar agar Menang di Jabar

Masa Jabatan Ridwan Kamil Berakhir, Dahlan Iskan: Cocok Dipasangan Ganjar agar Menang di Jabar

--

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengakhiri masa jabatannya, Selasa 5 September 2023. Tokoh nasional Dahlan Iskan menyebut Kang Emil, begitu Ridwan Kamil biasa disapa, cocok dipasangkan dengan Ganjar Pranowo agar bisa meraih kemenangan di Jabar.

Pada 5 September ini memang banyak kepala daerah resmi mengakhiri masa jabatannya. Selain Ridwan Kamis, Ganjar Pranowo juga "pensiun" menjadi Gubernur Jateng. Bisa disebut pensiun karena memang Ganjar sudah dua periode menjabat gubernur.

Selain itu ada juga Gubernur Sumut, Papua, NTT, NTB, Kalbar, Sulsel, Sultara, dan Bali yang masa jabatannya berakhir hari ini.

"Di antara mereka, yang langsung sibuk adalah Ganjar. Ia sudah resmi jadi calon presiden dari PDI-Perjuangan," kata Dahlan Iskan dalam tulisan rutinnya di Catatan Dahlan Iskan.

Nah, Ridwan Kamil, menurut Dahlan Iskan saat ini sedang berjuang. Perjuangan yang pasti adalah maju kembali dalam pemilihan gubernur. Sebab Ridwal baru menjabat satu periode.

BACA JUGA:Muhaimin Berpotensi Sumbang 13 Juta Suara untuk Anies

Perjuangan kedua adalah sebuah peluang, yakni dilamar jadi wakil presiden. "Terserah oleh Ganjar atau Prabowo Subianto," kata Dahlan.

Dari analisa Dahlan Iskan, yang berpotensi mendapatkan keuntungan dengan menggandeng Ridwan Kamil adalah Ganjar Pranowo. Sebab, nama kandidat calon presiden (capres) lainnya -yang belum berpasangan- Prabowo Subianto disebut Dahlan Iskan sudah kuat di Jabar.

Salah satu buktinya adalah kemenangan Prabowo di pilpres empat tahun lalu.

"Entah tahun depan. Ketika Anies juga kuat di Jabar. Rasanya Prabowo lebih mencari pasangan untuk menang di Jatim. Di pilpres lalu Prabowo kalah di sana," ungkapnya.

"Harusnya Ganjar lebih berkepentingan atas Kang Emil," tulis Dahlan dalam artikel berjudul Ridwan Jabbar di Disway.id itu.

BACA JUGA:PKS Tak Ikut Deklarasi Anies-Muhaimin, Dahlan Iskan: Bisa Jadi Taktik

Mengapa begitu? Karena PDIP dan Ganjar dianggap Dahlan Iskan masih lemah di Jabar maupun di Jatim. Tapi untuk Jatim tidak masalah. Sebab mesin politik PDI-Perjuangan akan bisa menggerakkan Jatim.

"PDI-Perjuangan adalah pemenang pemilu di Jatim. Karena itu ketua DPRD Jatim Berasal dari PDI-Perjuangan. Bukan PKB. Dari hitungan itu Ridwan bisa sangat dibutuhkan oleh Ganjar. Kecuali ada hitungan lain," tulis Dahlan.

Menurut mantan Menteri BUMN itu, apa pun Ganjar harus menang di Jabar. Bisa lewat kekuatan pribadinya, ditambah kekuatan partai, yang akan menyikat habis Jateng.

BACA JUGA:Duet Anies-Cak Imin Dideklarasikan, Kata Dahlan Iskan Hal Ini Bakal Terjadi...

Dengan mesinnya PDIP juga kemungkinan masih bisa menang di Jatim. Tinggal butuh peran Ridwan Kamil untuk memenangkan Jabar.

Namun tokoh yang pernah memenangkan konvensi calon presiden dari Partai Demokrat itu menyebut ada hal yang susah jika Ridwan dipasangkan dengan Ganjar. Yakni status Kang Emil sebagai orang Golkar. 

Jadi, siapa yang mengincar Ridwal Kamil? Prabowo? Ganjar? Menarik kita tunggu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: