Penguatan Kerja Sama Riset dan Ekonomi Digital Indonesia-Singapura melalui Jejaring NTU Singapura

Penguatan Kerja Sama Riset dan Ekonomi Digital Indonesia-Singapura melalui Jejaring NTU Singapura

Dubes Singapura (tengah) saat bicara dalam konferensi regional pertama di Jakarta pada 4 September 2023. -Igak-

HARIAN DISWAY - Di tengah konferensi regional pertama di Jakarta pada 4 September 2023, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura, IGAK Satrya Wibawa menyatakan bahwa Singapura menawarkan banyak kemudahan terutama dari jarak dan budaya akademis.

Sehingga itulah sebabnya Singapura pun menjadi jujugan akademisi kelas dunia sehingga menjadi favorit tujuan benchmarking universitas di Indonesia.

Salah satunya diwakili dengan keberadaan Nanyang Technological University (NTU) Singapura yang menjadi salah satu kampus dengan dana riset melimpah dan jaringan periset yang mumpuni dapat membantu dan bekerja sama dalam riset teknologi dan ekonomi digital.

Tak salah jika dunia perguruan tinggi di Indonesia menempatkan NTU sebagai partner potensial. “Bahkan hubungan antara Indonesia dan Singapura dalam sektor pendidikan tinggi ditandai oleh kerja sama yang kuat dan saling menguntungkan,“ jelas Satrya.

BACA JUGA: Sekolah Indonesia Singapura Buka Peluang Anak Didik Kembangkan Seni Budaya Indonesia

Kemdikbudristek pun memfasilitasi potensi kerja sama tersebut melalui berbagai inisiatif, program pertukaran, dan usaha penelitian bersama.

Terbukti pada 2022, disepakati konsorsium penelitian antara NTU dengan ITB, UI, UGM dan ITS dengan nama INSPIRASI (Indonesia–NTU Singapore Institute of Research for Sustainability and Innovation).

Fokusnya diarahkan pada pembangunan berkelanjutan pada tiga pilar utama Renewable Energy, Circular Economy, and Smart Cities. Lembaga riset bersama ini mendapat dukungan pendanaan dari NTU dan dari LPDP selama lima tahun.
Foto bersama dalam acara yang digelar Nanyang Technological University (NTU) Singapura yang menjadi salah satu kampus dengan dana riset melimpah dan jaringan periset yang mumpuni dapat membantu dan bekerja sama dalam riset teknologi dan ekonomi digital. -Igak-

Selain konsorsium riset itu, NTU juga tergabung dalam konsorsium enam universitas di Singapura dan lima universitas di Indonesia dalam kerja sama tri dharma pendidikan tinggi dengan nama RISING University Network.

BACA JUGA: Nanyang Technological University Singapura Gelar Konferensi Regional Pertama di Jakarta

“Kerja sama ini tidak hanya mempromosikan pemahaman budaya dan keunggulan akademik, tetapi juga memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan keahlian, berkontribusi pada kemajuan berbagai bidang studi,” ujar pengajar film dan industri kreatif di Universitas Airlangga ini.

Kick off konsorsium ini disepakati pada 2024 dengan beberapa program pertukaran mahasiswa dan staf pengajar antara kampus-kampus anggota konsrosium.

Pada 2023 ini, tercatat 25 mahasiswa program IISMA menempuh studi selama satu semester di NTU, serta lima mahasiswa di SMU,” tandas Satrya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: