Presiden Jokowi Dijadwalkan Jajal Kereta Cepat 13 September Mendatang

Presiden Jokowi Dijadwalkan Jajal Kereta Cepat 13 September Mendatang

KCJB 'Whoosh' akan mulai diluncurkan 1 Oktober 2023. Awal peluncuran pengguna akan diberi tarif diskon. -BKIP Kemenhub-

BANDUNG, HARIAN DISWAY - Kereta Cepat Jakarta-BANDUNG (KCJB) menurut informasi terbaru akan beroperasi mulai tanggal 1 Oktober 2023. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan ke beberapa stasiun pendukung KCJB Sabtu, 9 September 2023. 

“Sebelum beroperasi pada 1 Oktober 2023, Bapak Presiden Joko Widodo akan mencoba kereta cepat pada 13 September," ujar Menhub Budi.

BACA JUGA:Luhut: Tiongkok Siap Garap Proyek Kereta Cepat Surabaya-Jakarta

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini mengungkapkan bahwa selain memastikan kesiapan sistem kereta api, pihaknya juga ingin memastikan aksesibilitas dan sarana pendukung. 

Terutama pada 4 stasiun yang dilintasi oleh KCJB nantinya, yakni Stasiun Keberangkatan Halim, Jakarta; Stasiun Karawang, Jawa Barat; Stasiun Padalarang, Jawa Barat; dan Stasiun Akhir Tegalluar, Jawa Barat. 

"Hari ini saya melakukan pengecekan progres aksesibilitas jalan penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” paparnya. 

Pembangunan aksesibilitas dan sarana penunjang KCJB berkoordinasi dengan dengan segenap pemangku kepentingan seperti Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kabupaten Bandung, PT. Jasa Marga. 

BACA JUGA:Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Bertahap Mulai 1 Oktober 2023

Sejumlah lembaga dan pihak swasta terkait juga dilibatkan dalam rangka percepatan kesiapan aksesibilitas KCJB. 

Adapun sejumlah aksesibilitas yang tengah dibangun menjelang beroperasinya KCJB yaitu :

  1. Stasiun Halim, Jakarta meliputi akses Jl. DI. Panjaitan tahap I dan IIakses jalan kawasan Stasiun Halim, dan akses exit Tol Halim 1+842 km beserta jalan penghubungnya.
  2. Stasiun Karawang, Jawa Barat (Stasiun antara) meliputi akses Jl. THK, akses Km 42, dan akses jalan kawasan.
  3. Stasiun Padalarang, Jawa Barat (stasiun antara dan stasiun kereta feeder KCJB menuju Stasiun Bandung) meliputi akses masuk stasiun dan tol,  jalan kabupaten tol pada ruas Gedong Lima dan Panaris, jalan provinsi ruas Padalarang-Cisarua, jalan nasional Padalarang, dan rencana akses jalan dari Kota Baru Parahyangan.
  4. Stasiun Tegalluar, Jawa Barat (stasiun akhir) meliputi akses Km 151, dropzone Tegalluar, akses Stasiun Cimekar - Stasiun KCJB Tegalluar, serta jembatan Cibiru Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: