Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Bertahap Mulai 1 Oktober 2023

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Bertahap Mulai 1 Oktober 2023

Kereta Cepat Jakarta Bandung akan mulai beroperasi bertahap 1 Oktober 2023-BKIP Kemenhub-

BANDUNG, HARIAN DISWAY  – Kereta Cepat JakartaBANDUNG (KCJB) akan dioperasikan secara bertahap mulai Oktober 2023 dengan soft launching mulai tanggal 1 Oktober. 

Tahap awal pengoperasian akan diawali dengan 8 perjalanan kereta api. Kemudian secara bertahap, akan ditambah sehingga menjadi 28 perjalanan kereta pada bulan November, kemudian 40 perjalanan kereta pada bulan Desember 2023. 

Jumlah tersebut akan ditingkatkan menjadi 68 perjalanan kereta pada bulan Januari 2024. 

BACA JUGA:Setelah Cak Imin Pergi, Yenny Wahid Berpeluang Besar Jadi Cawapres Prabowo atau Ganjar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam peninjauan KCJB pada Sabtu, 2 September 2023 mengungkapkan, serangkaian uji coba terus dilakukan hingga KCJB dinyatakan siap beroperasi.

“Kami bersama KCIC melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023,” kata Budi. 

Selain mencoba kereta cepat, Menhub juga mencoba feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Bandung.

BACA JUGA:Kereta Cepat Lanjut Bakal Diteruskan Hingga Surabaya 

Ia ingin memastikan integrasi antara kereta cepat dengan moda transportasi lainnya sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan akses.

Sejumlah pembangunan tengah dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta feeder. 

Diantaranya adalah pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom. “Semuanya ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini,” jelasnya. 

Selain kereta feeder, terdapat pula sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang. 

Diantaranya adalah BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun KBP, Bus Damri Rute Alun – Alun Bandung – Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta Rute usulan St. Padalarang –Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang - Rajamandala, Rute Padalarang – Cimahi –Leuwipanjang, dan rute Padalarang - Cimahi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: