KTT Ke-43 ASEAN 2023: Patsy, Jokowi, dan Biden

KTT Ke-43 ASEAN 2023: Patsy, Jokowi, dan Biden

Ilustrasi Patsy Widakuswara dari VOA dan Presiden Jokowi.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Kolumnis Bloomberg, Karishma Vaswani, dalam artikel bertajuk Biden skipping the ASEAN Summit is a mistake, menganggap Biden melakukan kesalahan. Di tengah upaya AS untuk melawan pengaruh Tiongkok, seharusnya ASEAN menjadi fokus Washington. Terlebih, saat ini ASEAN dipimpin Indonesia yang diyakini banyak pihak memiliki kedekatan yang lebih kepada Tiongkok ketimbang AS.

Biden bukan hanya tidak hadir. Tapi, ia juga mengabaikan kekuatan besar di kawasan ASEAN. AS sering mengatakan ingin membangun hubungan yang lebih kuat dengan Asia, tetapi dengan mengabaikan Indonesia, itu terasa seperti bunuh diri. Begitu tulis Vaswani.

Dengan gencarnya upaya AS untuk melawan pengaruh Tiongkok, Vaswani menyebut seharusnya Indonesia menjadi mitra terdekat Washington. Sebagai negara demokrasi yang besar dengan hubungan militer yang kuat secara historis dengan AS, seharusnya Indonesia menjadi prioritas. 

Insiden Patsy makin membuka mata dunia, bahwa hubungan bilateral Indonesia-AS tidak sedang baik-baik saja. Sebab, ada Tiongkok yang menjadi orang ketiga. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: