Pelatih Baru Persebaya: Josep Gombau, Sosok di Balik Kesuksesan Tiki-Taka Pep Guardiola di Barca

Pelatih Baru Persebaya: Josep Gombau, Sosok di Balik Kesuksesan Tiki-Taka Pep Guardiola di Barca

Pelatih baru Persebaya: Josep Gombau--ISL Media

SURABAYA, HARIAN DISWAYKekosongan kursi pelatih Persebaya kini tidak perlu dikhawatirkan. Josep Gombau didatangkan untuk memimpin skuad Bajol Ijo.

Ia punya nama besar. Pernah menjadi pelatih terbaik Asia 2011-2012. Ia juga ikut andil di masa keemasan Barcelona,di era awal Pep Guardiola. Bersama Pep,  ia membantu Barcelona memenangkan treble winners pada 2009.

Sejak ditinggal Aji,  Persebaya moncer di tangan Uston Nawawi. Persebaya tak terkalahkan dalam lima laga. Dengan capaian empat kemenangan dan sekali seri.

Bajol ijo sempat mengusulkan agar Uston jadi pelatih utama. Namun hal itu belum memungkinkan. Ada masalah administrasi terkait lisensi pelatih. PSSI tak menerima pengajuan Persebaya.

Josep Gombau tiba-tiba memuncul sebagai pelatih baru Green Force musim ini. Namanya masih asing persepakbolaan Indonesia.


Josep Gombau, pelatih anyar Persebaya alumni asisten pelatih La Masia-Instagram @josep.gombau

Keputusan Persebaya cukup mengagetkan. Mereka bisa menggaet  mantan pelatih akademi Barcelona atau La Masia. 

Pribadinya memang tidak kelihatan dimata publik. Tetapi pemain sekelas Lionel Messi, Victor Valdes dan Sergio Busquets  pernah menjadi  anak didik dari pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Selain memenangkan treble, pemain didikan Gombau itu juga difungsikan oleh Pep sebagai evolusi baru dari permainan tiki-taka yang di ciptakan oleh Johan Cruyff pada sepakbola pada era 90-an.

Hasil tersebut rupanya berhasil. Pep Guardiola sukses membuat sang rival Real Madrid menghadapi cukup menderita dibuat mereka.

Pemain sekelas Sergio Ramos dan Pepe pun ikut tergonjang-ganjing melihat Messi Cs menyajikan permainan yang sulit untuk direbut. Pasalnya tiki-taka itu cukup merepotkan, terutama dalam dominasi penguasaan bola.


Barcelona merayakan gelar juara Liga Campions 2015 usai menumbangkan Juventus 3-1 di Berlin.-FC Barcelona-

BACA JUGA:Ada Peran Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau Saat Barcelona FC Meraih Treble Pertama

BACA JUGA:Deretan Prestasi Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau di Hong Kong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: