Ada Peran Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau Saat Barcelona FC Meraih Treble Pertama

Ada Peran Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau Saat Barcelona FC Meraih Treble Pertama

PEMAIN FC Barcelona, Lionel Messi dan Andres Iniesta saat mengangkat Trofi UCL pada tahun 2009-Bolaskor.com-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kekosongan bangku pelatih Persebaya setelah ditinggal Aji Santoso sudah resmi berakhir. Bajol Ijo sekarang sudah mempunyai penggantinya.

Nama head coach pengganti itu adalah Josep Gombau. Ia pernah berpartisipasi dalam kesuksesan FC Barcelona dalam meraih treble pertamanya.

Kiprah kepelatihan Josep Gombau bakal memberi warna yang baru bagi Persebaya. Apalagi pelatih tersebut pernah melatih akademi FC Barcelona atau La Masia selama 5 tahun. Dari 2003 hingga 2008.

Gombau punya banyak pengalaman di La Masia. Ia bisa disebut turut di balik layar dalam kesuksesan Barcelona meraih treble winners pertama mereka.

BACA JUGA: Deretan Prestasi Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau di Hong Kong

BACA JUGA: Kedekatan Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau Bersama Legenda Timnas Spanyol, David Villa


MOMEN Kemenangan skuad Barcelona saat berhasil mengalahkan MU di Wembley pada tahun 2011-The Independent-

Dalam kepelatihan akademi, sejumlah nama pernah bersentuhan dengan Gombau. Mulai Lionel Messi, Victor Valdes, Pedro, Dani Alves hingga Andres Iniesta.

Jabatan Gombau sebenarnya tidak hanya mendidik dan memantau pemain berbakat saja. Ia juga turut andil dalam perekrutan pemain kepada tim utama. Sehingga pemain legendaris sekelas Ronaldinho, Samuel Eto'o dan Deco pun mampu didatangkannya.

Pada 2008, Gombau secara resmi naik pangkat menjadi dirtek (direktur teknis). Alih-alih mempunyai dua jabatan, Pep Guardiola pada tahun yang sama kemudian hadir menjadi pelatih baru Barcelona.

Siapa sangka, hadirnya Pep sebagai pelatih utama bisa dibilang tidak seperti kebanyakan pelatih lainnya, yang merekrut pemain dengan harga mentereng demi meningkatkan performa tim.

Pep malah menggunakan pemain yang dominan berusia muda yang merupakan didikan asli La Masia.

BACA JUGA: Profil Lengkap Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau, Terbaik di Asia 2011-2012

BACA JUGA: Lebih Sukses Saat Jadi Pelatih, Ini Catatan Karier Pelatih Baru Persebaya Josep Gombau Saat Jadi Pemain Profesional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: