Hari Jadi ke-78: Kapal TNI-AL Masih Kurang

Hari Jadi ke-78: Kapal TNI-AL Masih Kurang

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono -Dok/Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- TNI-Angkatan Laut (AL) merayakan hari jadi ke-78. Upacara peringatannya dilaksanakan di dermaga ujung Madura, markas Pangkalan Koarmada II, Surabaya, Senin, 11 September 2023.

Usai upacara peringatan yang dipimpin oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, lima pesawat jenis Bonanza G-36 melintas di atas dermaga itu. Asap warna-warni yang keluar dari pesawat itu menghiasi langit. 

Total ada 16 pesawat dan helikopter yang melakukan aksinya hari itu. Masing-masing berjenis BELL 505, AS 565 Mbe, BELL 412 SP, NC 212-200, dan CN 235-220 MPA. Mereka semua memanjakan mata penonton yang hadir di tempat itu. 

Ada juga penampilan genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, atraksi beladiri, demo pasuska, Fly Pass, penampilan tarian tradisional, serta penampilan alutsista TNI-AL. Diakhiri dengan defile pasukan dari prajurit, PNS TNI-AL, dan Polri wilayah Surabaya.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023: Pembekalan Tim untuk menuju Pacitan dan Malang

BACA JUGA:Pee Wee Gaskins dan Summerlane Jadi Special Guest Star Konser Neck Deep Live In Australia And Asia 2023 di Surabaya dan Jakarta

Upacara peringatan itu diikuti sekitar 1.500 personel TNI-AL dan instansi kemaritiman. Unsur pimpinan satuan pun hadir. Seperti: Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Sebenarnya, peringatan hari jadi TNI-AL diperingati setiap 10 September. Sejak kemarin, berbagai kegiatan telah dilakukan oleh satuan tersebut. Upacara ini juga dilaksanakan di empat pangkalan utama Angkatan Laut (Lantamal) di Indonesia.

Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, dalam pengabdiannya, TNI-AL mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian. Secara aktif terlibat dalam berbagai operasi kemanusiaan di dalam dan luar negeri pada level regional TNI-AL.


Atraksi Drumband dari TNI Angkatan Laut saat berlangsungnya HUT ke-78 TNI Angkatan Laut di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 11 September 2023.-Julian Romadhon-

Serta memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan. Serta berkontribusi nyata dalam misi operasi pemeliharaan perdamaian dunia. Tindakan itu pun telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia Internasional.

“Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan NKRI, harus selalu siap menjalankan tugas mulia yang diamanatkan kepada TNI-AL. Selalu marwah dan kehormatan prajurit Jalasena Samudera,” katanya, Senin, 11 September 2023.

Salah satu cara untuk mewujudkan itu adalah dengan menjaga profesionalisme dan ketangguhan dalam bertugas. Serta menjadi prajurit Jalasena yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat.

BACA JUGA:Ini Link Saldo DANA Gratis Rp 275 Ribu, Bisa Langsung Cair!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: