Perjalanan Timnas dalam Piala Asia 2023 di Qatar dan Piala Asia U-20 di Uzbekistan, Bagaimana Peluangnya dalam Piala Asia U-23 2024 Nanti?

Perjalanan Timnas dalam Piala Asia 2023 di Qatar dan Piala Asia U-20 di Uzbekistan, Bagaimana Peluangnya dalam Piala Asia U-23 2024 Nanti?

Skuad Timnas Indonesia U-20 saat berlaga di Piala Asia U-20 Uzbekistan. --

HARIAN DISWAY - Perjuangan yang tidak mudah dilalui Timnas Indonesia bersama Shin Tae-Yong.

Setelah tersingkir di kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Asia 2023, skuad garuda terlempar ke babak play-off dan harus berjuang melawan Chinese Taipei.

Dengan mudah Timnas Indonesia menang dengan agregat 5-1 atas Chinese Taipei.

Kemenangan itu membuat Indonesia lolos ke babak kualifikasi ronde ketiga yang mempertemukan Indonesia dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal di Grup A.

Di atas kertas peluang Indonesia untuk lolos dari grup ini sangat kecil karena dihadapkan dengan dua negara kuat, Yordania dan Kuwait.

BACA JUGA: Kemenangan Timnas Indonesia U-23 adalah Tanda Sejarah untuk Sepakbola Indonesia

Tapi Skuad Indonesia secara mengejutkan berhasil lolos dari grup ini dengan mengalahkan Kuwait dan Nepal.

Meski harus kalah dari Yordania, Indonesia tetap berhak lolos setelah menjadi satu dari lima runner-up terbaik dengan raihan enam poin. Piala Asia 2023 Qatar ini akan berlangsung pada Januari-Februari 2024 nanti.

Dalam Piala Asia U-20 di Uzbekistan, Garuda muda dalam Grup F pada kualifikasi yang dimulai pada September 2022 lalu dan tergabung dengan Vietnam, Hongkong dan Timor Leste.

Dengan mudah Timnas Indonesia U-20 lolos dari kualifikasi ini setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-0, Hongkong 5-1 dan terakhir menang 3-2 dari Vietnam. Garuda muda berhasil menjuarai grup.

Piala Asia U-20 ini berlangsung di Uzbekistan pada Maret 2023 lalu dengan Timnas U-20 satu grup dengan tuan rumah Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Sayang, perjalanan garuda muda terhenti di fase grup saja setelah mengalahkan kekalahan 2-0 dari Irak, dan meraih kemenangan 1-0 atas Suriah. Pada laga terakhir Timnas U-20 bermain imbang 0-0 melawan Uzbekistan.

Dengan demikian, anak asuh Shin Tae-Yong menempati peringkat ketiga klasemen dan gagal lolos ke perempat-final.

Nah bagaimana kansnya dalam Piala Asia U-23 2024 di Qatar nanti? Bergabung dengan Grup K, Timnas Indonesia U-23 satu grup dengan Chinese Taipei dan Turkmenistan.
Timnas Indonesia senior di kualifikasi Piala Asia 2023 Qatar. --

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: