Terjerat Kasus Pemerkosaan, Danny Masterson Divonis 30 Tahun Penjara

Terjerat Kasus Pemerkosaan, Danny Masterson Divonis 30 Tahun Penjara

DANNY MASTERSON dipotret ketika menghadiri premier Forgetting Sarah Marshall di Los Angeles, 10 April 2008.-CHRIS DELMAS-AFP-

HARIAN DISWAY – Danny Masterson divonis bersalah dan dihukum karena pemerkosaan yang dilakukannya sekitar dua dekade silam. Vonisnya ngeri: 30 tahun penjara. Namun, kuasa hukumnya akan mengajukan banding.

"Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya. Tapi juga karena ada kesempatan". Begitu ujaran Bang Napi, tokoh dalam salah satu tayangan televisi swasta. Pun, kejahatan pemerkosaan yang dilakukan oleh Danny Masterson.

Pertama ia punya niat. Kemudian ketika ada kesempatan, Masterson membius seorang rekannya serta salah seorang anggota Church of Scientology. Setelah itu ia membawa mereka ke kediamannya di kawasan Hollywood Hills, Los Angeles. Itu terjadi pada 2001 dan 2003.

Dibius, pingsan, diperkosa.

BACA JUGA : Kevin Spacey Berjuang Melawan Tuduhan Pelecehan Seksual

Begitulah kronologi yang membuat bintang sitkom That 70's Show itu divonis hukuman 30 tahun penjara. Itu merupakan akumulasi hukuman 15 tahun untuk masing-masing korban. Tak hanya itu, setelah keluar dari penjara, Masterson wajib mendaftarkan dirinya sebagai pelaku pelanggaran seksual. 

Jadi, label mantan penjahat kelamin itu seumur hidup akan terus melekat pada dirinya.


DANNY MASTERSON didampingi pengacaranya, Sharon Appelbaum, saat sidang di Los Angeles, California, September 2020.-LUCY NICHOLSON-AFP-

Pada Mei 2023, persidangan kedua, Masterson telah divonis bersalah. Ia telah menjalani masa penahanan sejak vonis itu dan tinggal 25,5 tahun lagi ia bisa bebas bersyarat.

Hakim Charlaine Olmedo menyebut bahwa Masterson mencoba terus berkelit. Mengaku tak bersalah dan mengajukan banding. Namun, ia menyatakan tindakan Masterson telah menghilangkan suara dan pilihan korban dalam hidup mereka.

"Kamu bukan korban di sini," kata Charlaine Olmedo seperti diberitakan Agence France-Presse, pada Jumat, 8 September 2023.

Saat menjalani persidangan, Danny didampingi istrinya, Bijou Phillips, dan saudara lelakinya, Christopher Masterson. Ia pun mendengar komentar dari korban yang diidentifikasi dengan nama Jane Doe 2, berkomentar, "Saya memaafkanmu. Penyakitmu bukan urusanku lagi saat ini. Pemerkosaan adalah pencurian jiwa."

BACA JUGA : Bebas dari Tuduhan Pelecehan, Kevin Spacey Hadapi Jalan Terjal untuk Comeback

Masterson hanya terdiam saat mendengar putusan 30 tahun penjara. Tapi Shawn Holley, kuasa hukumnya, menyatakan bahwa pihaknya akan mengajukan banding. Ia menganggap semua yang ditimpakan pada klien adalah tuduhan belaka. Tuduhan yang melukai karier aktor tersebut.

Tapi putusan itu bukan yang pertama. Itu merupakan satu dari beberapa kasus pelecehan yang pernah dilakukannya. Materson pertama kali dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa perempuan pada 2017. Hal itu membuatnya didepak dari proyek The Ranch milik Netflix.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: