Hasil Pemeriksaan Rangka eSAF oleh Kemenhub dan KNKT: Ada Korosi Sampai Pembuangan Air Mampet

Hasil Pemeriksaan Rangka eSAF oleh Kemenhub dan KNKT: Ada Korosi Sampai Pembuangan Air Mampet

Perbaikan Rangka eSAF: Kemenhub dan KNKT simpulkan bahwa rangka eSAF rawan patah karena korosi-Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kemenhub dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis hasil penelitian dan pemeriksaan menyeluruh terhadap Rangka eSAF besutan pabrikan otomotif Honda. 

Rangka sepeda motor yang diberi nama panjang enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) ini belakangan menjadi buah bibir lantaran dilaporkan banyak mengalami patah

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan penelitian rangka eSAF Sepeda motor Honda sejak Agustus hingga September 2023.

BACA JUGA:Uji Coba Penumpang Terbatas KCJB Segera Dilakukan, Kemenhub: Semua Penumpang Harus Diasuransikan!

"Diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini sedang dalam proses perbaikan tentu untuk mengutamakan kendaraan bermotor yang berkeselamatan ke depannya," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno. 

Hendro menyebut, hasil Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. "Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," imbuhnya.

Menurut tim peneliti Ditjen Hubdat dan KNKT, PT. AHM membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).

Hal ini ditemukan saat tim peneliti mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat 1 September 2023

BACA JUGA:Jelang Persebaya Vs Madura United: Bek Green Force Kadek Raditya Berkomentar Soal Mantan Timnya

Dalam proses tersebut, tim peneliti melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan. 

Beberapa item yang dilakukan pengontrolan meliputi dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan bahan rangka utama. 

Hal ini dilakukan untuk menjawab apakah PT AHM telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global. 

Hasil Penelitian dan Pemeriksaan Rangka eSAF

Dalam keterangan resminya pada Jumat, 8 September 2023, Kemenhub merilis hasil pemeriksaan rangka eSAF berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT. AHM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: