Museum Nasional Terbakar, Diduga karena Korsleting Listrik

Museum Nasional Terbakar, Diduga karena Korsleting Listrik

Nadiem Makarim prioritaskan artefak di Museum Nasional untuk diselamatkan serta benda-benda sejarah lainnya.-Istimewa/Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Museum Nasional atau Museum Gajah yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, terbakar pada Sabtu, 16 September 2023 sekitar pukul 20.00 WIB. 

Menurut Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Asril Rizal, penyebab kebakaran diduga karena konsleting arus listrik.

"Konsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melakukan perbaikan gedung Blok C," ujar Asril Rizal.

Dia mengungkapkan kronologi kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melakukan apel. Lalu, terjadi sebuah ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek renovasi museum.

BACA JUGA: Museum Nasional Kebakaran, Gedung Arca Juga Ikut Terbakar

Saat ini, api sudah berhasil dipadamkan sepenuhnya sekitar pukul 21.00 WIB. Petugas pemadam kebakaran masih bersiaga di lokasi kebakaran untuk melakukan fase pendinginan.

Bagian yang mengalami kerusakan cukup parah berada di bagian belakang gedung. Asap dari sisa pemadaman api pun masih terlihat di TKP.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengungkapkan Museum Nasional akan ditutup sementara waktu pasca-terjadinya kebakaran.

BACA JUGA: Museum Nasional Kebakaran, Pengelola Berfokus Melindungi Koleksi Bersejarah

"Oleh karena itu kami akan melakukan penutupan sementara sampai nanti dinyatakan oleh pihak pengelola sendiri bahwa tempat ini sudah bisa dibuka lagi untuk umum," ujar Komarudin di lokasi kebakaran pada Sabtu, 16 September 2023.

"Satuan personel kami siapkan baik di bagian depan maupun belakang. Mengingat memang kita ketahui bahwa di gedung A sendiri banyak disimpan barang berharga bernilai sejarah yang cukup tinggi," tambahnya. (Alda Rizky Nur Afida Abdullah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: