Museum Nasional Kebakaran, Gedung Arca Juga Ikut Terbakar

Museum Nasional Kebakaran, Gedung Arca Juga Ikut Terbakar

Nadiem Makarim prioritaskan artefak di Museum Nasional untuk diselamatkan serta benda-benda sejarah lainnya.-Istimewa/Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Museum Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat seberang Monas atau yang lebih dikenal dengan Museum Gajah dilaporkan terbakar pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Kebakaran dilaporkan terjadi di Gedung A Museum Nasional dan mulai merembet ke Museum Gajah. 13 unit mobil pemadam Kebakaran telah dikerahkan. 

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menyebut bahwa selain menerjunkan truk pemadam kebakaran, ada total 52 personil gabungan yang tengah melakukan proses pemadaman. 

BACA JUGA:Cara Taman Safari Indonesia Gaet Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

“Pengerahan unit (pemadam kebakaran,Red) sebanyak 13 unit ke lokasi dan 52 personil,” kata Satriadi pada Sabtu malam sebagaimana dilansir disway.id

Museum Nasional sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni gedung utara yang sering digunakan untuk pameran dan event, serta museum Gajah yang menyimpan banyak koleksi benda peninggalan purbakala.

BACA JUGA:Hasil Pemeriksaan Rangka eSAF oleh Kemenhub dan KNKT: Ada Korosi Sampai Pembuangan Air Mampet  

Gedung yang sudah berdiri sejak 1862 tersebut sering dinamai Museum Gajah karena kehadiran sesosok patung gajah hadiah dari Raja Thailand Chulalongkorn (Rama V) yang berkunjung pada tahun 1871. 

Selain Museum Gajah, gedung tersebut juga dikenal dengan sebutan Gedung Arca karena menyimpan banyak arca peninggalan bersejarah. 

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab kebakaran di Museum Nasional ini. Proses pemadaman pun masih terus dilakukan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: