Wajib Baca! Begini 5 Tip dan Cara Agar Terhindar dari Penipuan Online di WhatsApp

Wajib Baca! Begini 5 Tip dan Cara Agar Terhindar dari Penipuan Online di WhatsApp

Banyak penipuan online di WhatsApp yang menggunakan informasi phising, penipu akan menggunakan berbagai metode phising yang berbeda-beda. -Rawpixel-

HARIAN DISWAY - Belakangan ini banyak sekali modus penipuan online yang beredar di aplikasi pesan WhatsApp (WA) dengan berbagai macam cara.

Ada yang membagikan link undangan pernikahan palsu, link tagihan BPJS kesehatan palsu, surat tilang palsu, dan bahkan kurir paket palsu.

Namun, perlu diingat bahwa link WhatsApp palsu tersebut hanya digunakan untuk mengelabui korban agar melakukan tindakan lanjutan yang diinginkan oleh penipu, yaitu menginstal file aplikasi APK. Yakni fformat aplikasi untuk ponsel Android.

Aplikasi yang dibagikan melalui informasi phising bukanlah aplikasi biasa, melainkan dapat merugikan korban. Jika aplikasi APK itu diinstal, maka si penipu akan memperoleh akses tanpa sepengetahuan ke berbagai layanan di ponsel korban seperti SMS. Kemudian, dia akan mencuri data rahasia yang ada di dalamnya.

Jadi jangan mudah terkecoh dengan link WhatsApp palsu yang dibagikan ya! Tetap waspada dan jangan pernah menginstal aplikasi yang mencurigakan. Ingat, keamanan data pribadi kita sangat penting!

Sekarang ini, banyak penipuan online di WhatsApp yang menggunakan informasi phising. Sudah banyak korban yang terkena imbasnya dan kehilangan jutaan rupiah.

Untuk membuat kita percaya, penipu akan menggunakan berbagai metode phising yang berbeda-beda.

Lalu, bagaimana cara agar kita terhindar dari penipuan online tersebut? Meskipun metode phising selalu berubah-ubah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya.

Agar kita selalu waspada dan tidak menjadi korban selanjutnya, berikut ini ada beberapa tips dan cara untuk terhindar dari penipuan online di WhatsApp yang sedang marak belakangan ini. Semoga bermanfaat ya!

1. Hindari menginstal aplikasi APK yang dikirim

Pertama-tama, kita harus berhati-hati agar tidak tertipu di WhatsApp ya. Jangan pernah menginstal aplikasi APK yang diberikan oleh penipu.

Aplikasi APK yang disebar oleh penipu tidak berasal dari Play Store atau pihak yang sebenarnya. Jadi, jangan sampai terjebak dengan informasi palsu yang diberikan oleh penipu.

Penting untuk diingat bahwa penginstalan aplikasi APK dari informasi phising bisa membuka pintu bagi penipu untuk mengakses ponsel kita, mencuri data rahasia, bahkan menguras isi rekening bank kita.

Penipu akan mencoba membuat nama aplikasi APK yang mirip dengan informasi palsu yang mereka berikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: