Yuk! Nostalgia Harvest Moon PS1, Coba Game Farming Sim Berikut Ini

Yuk! Nostalgia Harvest Moon PS1, Coba Game Farming Sim Berikut Ini

Harvest Moon: A Wonderul Life--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Bagi para gamers yang menikmati masa jaya Playstation 1, pastinya pernah mencoba game farming sejuta umat yaitu Harvest Moon.

Game simulasi bertani itu memungkinkan pemain untuk bercocok tanam dan memeihara hewan ternak untuk mendapatkan uang demi meningkatkan pertanian mereka.

Tidak hanya permainan mengenai Bertani, Harvest Moon juga memiliki banyak opsi karakter yang memungkinkan pemain untuk menjalin hubungan romantis bersama karakter-karakter tersebut dan membangun rumah tangga bersama mereka.

Bagi para penggemar game Harvest Moon yang ingin memuaskan rasa nostalgia mereka tidak perlu khawatir.

Berikut ini ada beberapa  game yang bisa anda mainkan untuk merasakan kembali Gameplay Harvest Moon.

Stardew Valley


Stardew Valley mirip dengan Harvest Moon. -Concerned Ape-

Stardew Valley adalah game indie yang dibuat oleh developer tunggal Concerned Ape. Game ini memiliki konten gameplay yang sangat banyak dengan visual 2d pixel artnya.

Mekanisme bertaninya pun cukup kompleks. Player tidak hanya bercocok tanam dan membesarkan hewan ternak saja, tetapi juga mendekorasi penuh pertanian mereka.

 

BACA JUGA:Kejora, Game Produksi Lokal yang Siap Bersaing dengan Game Steam Lainnya!

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Game Terbaik yang Perlu Dicoba Pengguna Steam! Gratis Lo!

Selain bercocok tanam dan berinteraksi dengan warga penduduk desa Pelican Town, pemain juga dapat mencari batu mineral berharga di tambang yang dapat dieksplorasi.

Tambang tersebut berbeda dari sistem tambang pada game Harvest Moon pada umumnya karena di Stardew Valley, player akan berhadapan dengan berbagai monster yang akan menyerang pemain dalam eksplorasi mereka.

Stardew Valley pun juga memiliki mekanisme bertarung selayaknya game RPG, yang dimana sangat berguna bagi mereka yang ingin mengeksplorasi tambang yang berbahaya tersebut.

Jika anda merasa belum puas dengan konten di dalam game tersebut anda juga dapat mendownload mod untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Bagi kalian yang berminat mencoba game satu ini, anda dapat memainkannya di platform Konsol, PC, Android, dan iOS.

 

Coral Island


Tampilan game Coral Island bikinan developer Indonesia. -Stairway Game-

Game 3D farming sim yang satu ini merupakan game yang dikembangkan oleh developer Indonesia yaitu Stairway Games.

Coral Island sendiri berhasil memenangkan dua penghargaan TLGA 2022, yaitu Best Indonesian Art Direction dan Best Indonesian Score and Music, yang membuat Coral Island menjadi satu-satunya game Indonesia yang mendapatkan dua penghargaan dar acara tersebut.

Coral Island juga memiliki siklus gameplay yang sama dengan Stardew Valley dan Harvest Moon. Yakni bercocok tanam dan berinteraksi dengan warga sekitar, serta memiliki elemen bertarung seperti halnya Stardew Valley.

Namun pada game ini, tema yang diangkat adalah menjaga kebersihan lautan, sehingga player tidak hanya akan merawat perkebunan mereka namun juga membersihkan sampah di lingkungan sekitar dari dasar laut.

Jika anda minat untuk mencoba game buatan studio local satu ini, anda dapat memainkannya di PC.

BACA JUGA:Penggemar Game Paper Mario Wajib Nantikan Game Born of Bread!

BACA JUGA:Universitas Petra gelar Green Festival, Libatkan Berbagai Kelompok

Rune Factory


Rune Factory yang mirip dengan gameplay Harvest Moon.-Rune Factory-

Rune Factory adalah sebuah franchise RPG dengan elemen farming sim. Namun, secara keseluruhan lebih mengarah ke game RPG daripada farming sim dengan adanya beberapa mekanisme bertarung dan Dungeon Exploring di dalam core gameplay-nya.

Rune Factory masih memiliki banyak ciri has yang terasa familiar untuk para fans Harvest Moon. Seperti bertani dan aspek social dimana pemain dapat berinteraksi dengan berbagai karakter di dalam game.

Franchise itu sudah memiliki banyak instalasi dari Rune Factory satu sampai dengan seri ke lima, dan beberapa spin-off.

Game-game dari franchise tersebut juga tersebar ke beberapa platform, dari konsol, PC, hingga mobile.

Disney Dreamlight Valley


Disney Dreamlight Valley masuk kategoru game farming. -Disney-

Dreamlight Valley merupakan game farming yang unik pada list ini karena berlatar belakang di dunia milik Disney, dan menghadirkan banyak karakter popular dari media tersebut.

Karakter seperti Ariel, Simba, Mickey Mouse, Donald Duck serta pahlawan dan penjahat pada universe Disney hadir di dalam game ini, dan player dapat berteman dengan karakter-karakter tersebut.

Gameplay simulasi Bertani di dalam game tersebut juga ada selaknya game farming sim pada umumnya.

Disney Dreamlight Valley hadir di platform PC, Nintendo Switch, Xbox, dan Playstation.

Sun Haven


Tampilan utama game Sun Haven. -IST-

Sun Haven memiliki tampilan dan gameplay menyerupai Stardew Valley dan visual 2d pixelnya.

Perbedaan dari kedua game tersebut terletak pada elemen RPG nya, yang dimana Sun Haven memiliki elemen RPG lebih kental daripada Stardew Valley yang lebih kuat pada elemen bertani nya.

Sun Haven memiliki ‘magic’ sistem yang yang memeberikan keunikan tersendiri, dikarenakan sihir yang dapat digunakan tidak hanya untuk keperluan bertarung saja namun juga dapat dimanfaatkan untk keperluan bertani seperti sihir untuk memanggil hujan.

Sun Haven hanya tersedia di platform Windows dan macOS.

Story of Seasons


Tampilan game Story of Seasons -IST-

Karena permasalahan publishing antara Natsume dan Marvelous Inc, game Harvest Moon mulai terpecah. Hal ini terjadi akibat masalah hukum dan hak merek dagang antara kedua perusahaan tersebut

Perubahan nama dari "Harvest Moon" ke "Story of Seasons" terjadi setelah Marvelous Interactive mengakhiri kerja sama dengan penerbit lokal Natsume di luar Jepang, yang mempertahankan hak merek dagang "Harvest Moon."

Marvelous memilih nama "Story of Seasons" untuk melanjutkan seri simulasi pertanian yang sama di luar Jepang agar menghindari kebingungan dengan seri "Harvest Moon" yang baru yang diterbitkan oleh Natsume, sementara gameplay-nya tetap serupa.

Story of Seasons sendiri sudah memiliki beberapa instalasi yang pekat dengan elemen gameplay dari Harvest Moon.

Di antaranya adalah Story of Seasons: A Wonderful Life, Story of Seasons: Friends of Mineral Town, Story of Seasons: Pioneers of Olive Town, dan Doraemon Story of Seasons, yang masing-masing memiliki platform tersendiri yang dituju.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Game Terbaik yang Perlu Dicoba Pengguna Steam! Gratis Lo!

Kehadiran dan kesuksesan Harvest Moon memanglah membawa banyak game yang mencoba untuk mengikuti desain dari Harvest Moon

Sehinnga list diatas hanyalah beberapa dari banyaknya pilihan yang ada. Dari konsol, PC, maupun mobile, masih banyak game farming sim yang dapat and cari di berbagai platform diluar sana yang tentunya memiliki keunikan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: