Hong Kong Siap Luncurkan Satelit Pertamanya

Hong Kong Siap Luncurkan Satelit Pertamanya

Satelit pertama Hong Kong yang diluncurkan di Laut Yangiiang, Guangdong. -China Daily-

HARIAN DISWAY - Hong Kong akan meluncurkan satelit pertama buatan mereka pada akhir November nanti. Peluncuran itu akan dilakukan di Tiongkok.

Tepatnya provinsi Guangdong. Rencananya, mulai tahun depan, Pusat Manufaktur Satelit Hong Kong (HKSMC) akan memproduksi setidaknya satu satelit setiap hari untuk penggunaan komersial.

Rabu, 20 September 2023, satelit pertama Hong Kong yang diberi nama Hong Kong Star selesai dirakit dan diuji di balai manufaktur di Tseung Kwan O InnoPark.

HKSMC mengatakan bahwa dengan terciptanya Hong Kong Star, maka Hong Kong mencetakkan sejarah di bidang antariksa negara tersebut. 

BACA JUGA: Go Falcon, Go PSN! Satelit Satria Berhasil Meluncur ke Ruang Angkasa

Mulai tahun 2024, HKSMC akan memproduksi sedikitnya 300 satelit setiap tahunnya. Artinya satu satelit setiap hari. Satelit produksi mereka akan dijual kepada para pelanggan di seluruh dunia.

Hal tersebut dilakukan oleh HKSMC untuk membuktikan bahwa Hong Kong adalah pusat manufaktur satelit yang sesungguhnya.

HKSMC juga mengatakan bahwa mereka menciptakan satelit penginderaan jarak jauh hiperspektral sebagai wujud inovasi iptek di Hong Kong. Serta menunjukkan kemampuan negara tersebut untuk era industri yang baru.

Hong Kong Star rencananya akan diluncurkan bulan November mendatang, satelit tersebut akan digunakan untuk mengumpulkan dan memproses informasi tentang objek apa saja yang ada di permukaan bumi.

Dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi, satelit tersebut akan memberikan gambar yang jernih. Cocok digunakan untuk melakukan mitigasi bencana.

Profesor Dong Sun, Sekretaris inovasi, teknologi dan industri Hong Kong, mengatakan bahwa satelit tersebut merupakan cerminan inovasi dan kekuatan teknologi Hong Kong.

Ia juga mengatakan bahwa pengembangan satelit yang sudah diumumkan sejak tahun lalu tersebut merupakan sebuah jalur penting untuk pembangunan negara.

BACA JUGA: Hong Kong Terendam karena Dilanda Hujan Terderas Sejak 140 Tahun Silam

Sun menambahkan bahwa pemerintah Hong Kong sangat berkomitmen untuk terus mendorong inovasi dan pengembangan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: south china morning post