Go Falcon, Go PSN! Satelit Satria Berhasil Meluncur ke Ruang Angkasa

Go Falcon, Go PSN! Satelit Satria Berhasil Meluncur ke Ruang Angkasa

Roket Falcon 9 meluncur dari pad peluncuran SLC 40 Pangkalan Cape Canaveral, Florida USA membawa Satelit Satria 1 milik Indonesia-SpaceX-

HARIAN DISWAY - Satelit Republik Indonesia atau PSN Satria-1 berhasil meluncur orbit geostasioner bumi dari pangkalan Cape Canaveral Space Force Station di Orlando, Florida Amerika Serikat. 

Satria 1 meluncur pada hari Minggu 18 Juni pukul 06.21 UTC-4 waktu setempat atau Senin 19 Juni sekitar pukul 06.00 WIB dengan Roket Falcon 9 yang dioperasikan oleh SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.   

Peluncuran sempat tertunda 17 menit dari jadwal semula pukul 06.04 UTC-4 waktu setempat atau Senin 19 Juni 2023 WIB pukul 05:04 WIB. Namun demikian, Satria-1 masih dalam time window peluncuran. 

BACA JUGA:Puan-AHY Sekarang Bestie Tapi Tetap Beda Koalisi

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ruh Balai Pemuda Tumbuh di Perut Bumi (1)


Pelepasan Tahap Kedua Mesin Utama Satria-1 – Youtube Kemkominfo TV--https://www.youtube.com/@KemkominfoTV

Launch Director Kompleks Peluncuran Antariksa 40 (SLC-40) memulai hitung mundur pada pukul 06.21. “Three, two, one… ignition, liftoff,” seru Lauch Director sebagaimana yang disiarkan langsung oleh SpaceX.

PSN Satria digendong oleh roket Falcon 9 dari SpaceX, perusahaan milik Elon Musk, roket dua tingkat yang dikenal karena bisa mendarat kembali setelah mengantarkan satelit ke orbit bumi. 

Satria-1 akan dipantau oleh Thales Alenia Space untuk memastikan seluruh perangkat bisa berfungsi dengan baik dan ditargetkan akan berfungsi secara bertahap mulai Januari 2024. 

Satria-1 ini merupakan satelit internet pertama milik Pemerintah Indonesia yang sukses meluncur ke angkasa. 

Satria 1 disiapkan untuk mengorbit di 146 Bujur Timur (BT) untuk memperkuat layanan internet yang lebih cepat bagi masyarakat Indonesia di wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

BACA JUGA:Inovasi Virtual Tour Antar Jatim Raih Tourism Entrepreneurial Award 2023

BACA JUGA:ODGJ Dibunuh Anak-Remaja Diduga Gila


Sambutan Kepala Litbang SDM Kemenkominfo Hari Budiarto Pada Peluncuran Satria 1 (19/6)– Youtube Kemkominfo TV--https://www.youtube.com/@KemkominfoTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: