Progress 3 Segmen Jalan Tol IKN 20 hingga 50 Persen, Rampung Pertengahan 2024

Progress 3 Segmen Jalan Tol IKN 20 hingga 50 Persen, Rampung Pertengahan 2024

Jalan Tol IKN seksi 3B yang dalam tahap pembangunan-Kementerian PUPR-

HARIAN DISWAY - Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibukota Negara (IKN) Nusantara akan bisa diakses dengan jalan tol mulai tahun 2024 nanti. 

Jalan Tol menuju KIPP IKN nantinya akan terhubung dengan jaringan utama yang sudah ada, yakni Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. 

Dengan kehadiran jalan tol IKN ini, maka waktu tempuh yang dibutuhkan baik dari Ibukota Provinsi Kaltim Samarinda dan pusat bisnis di Balikpapan menuju IKN bisa ditempuh sekitar 30 hingga 40 menit saja. 

BACA JUGA:Komentar Ganjar Pranowo Soal Tayangan Azan di MNC

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Reiza Setiawan mengatakan, pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan meliputi tiga seksi. 

Yang pertama Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km. Kemudian Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, serta Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km. 

"Saat ini untuk progres pada Segmen 3A sebesar 22 persen, Seksi 3B sebesar 36 persen, dan Seksi 5A sebesar 53 persen. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung pada pertengahan tahun 2024,” kata Reiza Rabu, 20 September 2023. 

Reiza juga menambahkan, pada paket pekerjaan Seksi 3A dibangun pula Jembatan Sungai Wain dengan panjang 913 meter di sisi utara dan 916 meter di sisi selatan. 

BACA JUGA:Demokrat Deklarasikan Prabowo sebagai Capres Malam Ini

Kemudian ada juga jembatan Dirgahayu pada paket pekerjaan Seksi 5A. Adapun desain kedua jembatan ini dibuat oleh seniman Nyoman Nuarta. 

Seniman berdarah Bali ini juga dikenal karena merancang beberapa bangunan penting di IKN. Salah satunya adalah Istana Kepresidenan.   

“Saat ini pelaksanaan konstruksi sedang berjalan. Pembebasan lahan juga terus dikerjakan. Nanti akan dilanjutkan juga dengan paket pekerjaan overpass, beautifikasi, termasuk tambahan ramp-nya,” tandas Reiza.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: