Mengapa Remaja Sekarang Rentan Kesepian?

Mengapa Remaja Sekarang Rentan Kesepian?

Gambaran remaja sekarang yang sering merasa kesepian. Harus dicari solusinya agar tak menimbulkan situasi yang membahayakan buat mereka. --

Remaja berada di fase yang memasuki masa transisi. Untuk mengembangkan identitas diri dan identitas sosialnya dalam pergaulan.

Jika dilihat fasenya, perkembangan remaja itu terbagi menjadi tiga. Yaitu remaja awal, remaja pertengahan, dan remaja akhir.

Remaja awal dimulai antara rentang usia 11 sampai 14 tahun. Di fase ini remaja memiliki keinginan untuk mandiri, keinginan untuk diterima dan mengikuti teman sebaya. Di fase ini, remaja sulit mengendalikan dorongan emosinya.

Remaja pertengahan berkisar usia 15 sampai 17 tahun. Mereka semakin kuat untuk memisahkan diri dari orang tua. Di fase ini, remaja lebih intens dekat dengan teman sebaya. Mereka lebih tertantang mencoba sesuatu yang dianggap bahaya.

BACA JUGA: Berkaca dari “Extracurricular”: Kok Bisa Tawuran Remaja Makin Merajalela?

Sedangkan remaja akhir, antara usia 18 sampai 21 tahun lebih percaya diri ketika mampu menguasai sesuatu. Mereka lebih mampu menunda kepuasan serta mampu mengidentifikasi kode moral di masyarakat.

Remaja ditandai dengan masa puber. Masa yang ditandai dengan mulai menyukai lawan jenis. Perasaan tertarik kepada lawan jenis bukanlah hal yang tabu atau berdosa. Karena di fase ini adalah hal yang alami.

Seperti dalam drama Korea di tahun 2020, It’s Okay To Not Be Okay. Karakter pemeran dalam drama tersebut sangatlah menarik dan cukup menggambarkan bagaimana karakter remaja saat ini.
Poster drama Korea di tahun 2020, It’s Okay To Not Be Okay. Karakter pemeran dalam drama tersebut sangatlah menarik dan cukup menggambarkan bagaimana karakter remaja saat ini. --

Ko Moon Young diperankan oleh aktris cantik Seo Ye Ji. Seorang penulis buku cerita anak-anak yang sangat populer. Karakternya sombong, egois, dan suka mengucapkan kata-kata kasar. Apa yang diinginkannya harus selalu ia dapatkan.

Karakter tersebut tidak terlepas dari didikan ibu kandungnya sendiri yang memiliki kepribadian anti sosial juga. Ko Moon Young tumbuh tanpa kasih sayang dari orang tuanya. Sehingga ia menjadi sosok yang dominan dan setiap orang yang ditemuinya harus tunduk padanya. 

Drama tersebut juga menghadirkan seorang pria bernama Moon Kang Tae -diperankan oleh aktor tampan Kim So Hyun- yang bekerja di rumah sakit sebagai psikiatris. Sosok yang mandiri, pekerja keras, dan tidak percaya pada cinta. 

Moon Kang Tae memiliki saudara kandung yang mengidap autisme, Moon Sang Tae yang diperankan oleh Oh Jung Se. Moon Sang Tae sangat mengidolakan penulis buku Ko Moon Young. Sejak ibunyameninggal dunia, kehidupan Sang Tae sangat bergantung pada Kang Tae.

Tiga orang yang memiliki kepribadian berbeda ini, hidup dalam bayang-bayang trauma di masa lalu. Begitu pun dengan sosok Kwon Ki Doo (Kwak Dong Yeon) yang bertingkah seperti orang tidak waras hanya karena ingin mempermalukan ayahnya. 

Dia yang memiliki trauma karena tidak pernah sedikit pun dianggap berharga oleh ayahnya. Hanya dianggap sebagai pembawa sial dan anak tak berguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: