Sempat Putuskan Pensiun, Harris Raih Emas Wushu Asian Games

Sempat Putuskan Pensiun, Harris Raih Emas Wushu Asian Games

Penampilan Harris Horatius di Asian Games 2023. -FOTO: NOC Indonesia-

HARIAN DISWAY - Keputusan Harris Horatius untuk membatalkan niat pensiun sebagai atlet wushu berbuah manis. Pada Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok, Harris merebut medali emas nomor Nanquan dan Nangun di XSG Sports Centre, Hangzhou, Tiongkok.

Dalam lima tahun terakhir banyak kejadian yang menimpa Harris. Pada Asian Games 2018, Harris menempati peringkat sembilan nomor nanquan dan nangun. Ada satu kejadian yang membuat Harris sempat ingin memutuskan pensiun dini dari wushu. 

"Puji Tuhan ada orang-orang yang support. Orang tua, pelatih, pengurus semua mendukung," kata Harris usai pertandingan, 26 September 2023. "Saya mempersembahkan medali emas ini buat negara, Indonesia Raya sudah terdengar. Puji Tuhan saya sangat bersyukur dan ini juga untuk orang tua dan istri saya," sambung Harris. 

BACA JUGA:Tera dan Harris Horatius Sumbang Emas, Indonesia Naik ke Posisi Ketujuh di Asian Games 2023

Harris mengalahkan 18 peserta di nomor Nanquan dan Nangun. Ia mengantongi total poin  19,506. Rinciannya Nanquan 9,756 poin dan Nangun 9,750 poin. Medali perak direbut Lee Yong Mun dari Korea Selatan dengan total 19,472 poin. Sedangkan perunggu diraih Huang Junhua dari Macao dengan 19,463 poin.   

“Persaingan sangat ketat dan Harris Horatius mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ini medali emas pertama dari wushu melalui Harris Horatius buat Kontingen Merah Putih. Dan, saya juga berharap kesuksesan Harris dan Edgar (Edgar Xavier Marvelo) jadi pemicu atlet wushu lainnya yang tampil di nomor Taolu maupun Sanda,” kata Wakil Bendahara PB WI Gunawan Tjokro yang langsung menyaksikan pertandingan.  

“Harris memang pantas mendapatkan medali emas karena penampilannya keren. Gerakannya sangat bersih dan enak dilihat. Ini prestasi yang luar,” timpal Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Taolu PB WI Herman Wijaya yang juga pemilik Sasana Rajawali Sakti Jakarta.  

Keberhasilan Harris disambut Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto.  “Alhamdulillah Harris Horatius sukses menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia setelah sebelumnya Edgar menyumbangkan medali perak. Target 1 medali emas sudah terpenuhi," kata Airlangga. 

Pada Asian Games 2018 Jakarta, Wushu sukses menyumbangkan 1 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu. Satu-satunya medali emas disumbangkan Lindswell Kwok. Sedangkan peraknya disumbangkan Edgar Xavier Marvelo.  Lalu 3 medali perunggu disumbangkan Ahmad Hulaefi dan dua atlet sanda Yusuf Widiyanto (-56kg) dan Puja Riyaya (-70kg). 

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Asian Games Hangzhou Basuki Hadimujono mengucapkan terima kasih kepada Harris. Ia berpesan supaya Harris jangan pernah berhenti untuk terus memberikan prestasinya buat Indonesia. 

"Tidak gampang untuk bisa dapat emas di Asian Games, untuk mendapatkan emas pasti atas kerja keras, latihan dan kekompakan pelatih dan atletnya," kata Basuki. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: