Baju dengan Sentuhan Humor

Baju dengan Sentuhan Humor

Aneka karya Marie Adam-Leenaerdt yang dipamerkan di Paris Fashion Week 2023.-Vogue-

Humor khas Belgia. Itulah yang dipamerkan Marie Adam-Leenaerdt, desainer 27 tahun, yang sedang unjuk karya di Paris Fashion Week, 25 September-3 Oktober 2023. Desainnya—meski dilabeli sebagai ready-to-wear, akan membuat orang mengernyitkan dahi ketika memakainya. Atau melihat orang yang memakainya.

KOLEKSI Marie Adam-Leenaerdt dipamerkan pada Senin, 25 September 2023. Sebelum pameran, dia bilang bahwa rancangannya ’’mengusung konsep koleksi musim panas yang sangat ekstrem.’’

Dan ternyata, bukan panasnya yang ekstrem. Tetapi, baju rancangannya.

Dilabeli sebagai koleksi spring (musim semi) 2024, Adam-Leenaerdt memang mengusung pakaian untuk liburan. Pakaian yang biasanya kental dengan warna-warna cerah. Plus desain simpel yang memang nyaman untuk pelesir.

Tetapi, karya Adam-Leenaerdt lain. Sangat eye-catching. Terutama karena tidak lazim. Bahkan, Vogue menyebut bahwa desain tersebut di luar kendali. Dan kendali itu tergantung pada benang yang begitu tipis. Saat cantolan itu putus, hilanglah kendali itu.

BACA JUGA:Sambut Hari Batik 2 Oktober, Kemenparekraf Gelar Fashion Show Pamerkan Koleksi “Istana Berbatik”

Dalam beberapa rancangannya, Adam-Leenaerdt masih membawa pengaruh Balenciaga. Maklum, dia pernah bekerja di situ.


Marie Adam-Leenaerdt setelah memamerkan koleksinya di Paris Fashion Week 2023.-Vogue-

Tengok saja sebuah gaun malam dengan warna biru. Motifnya seperti riak kolam renang. Segar dan berpendar.

Dia juga menyuguhkan gaun malam panjang berbahan jubah terry hitam. Ikat pinggangnya adalah handuk berwarna pink cerah.

Yang juga unik adalah baju yang berwujud kabin pantai. Penyangganya adalah sebuah batang ringan yang melingkari baju modelnya. Artinya, ini adalah kabin yang hanya cukup untuk satu orang.

BACA JUGA : Gaya Satir Aldrie Indrayana di Panggung Surabaya Fashion Parade 2023: Tak Dibayar, Lahirlah Ide

Pernik-pernik lain juga menarik. Misalnya, swimsuit yang dipadukan dengan rok asimetris. Atau kerah tinggi dan bahu superbesar yang menimbulkan efek asimetris pada tubuh sang model. Seperti menampilkan ilusi leher dan bahu yang begitu panjang.

Koleksi Adam-Leenaerdt mendapat apresiasi besar. Terbukti, karya itu menjadi pembuka Paris Fashion Week. ’’Ini memang humor Belgia. Saya mementingkan permainan tanda dan paradoks,’’ ucap desainer tersebut seperti dikutip Agence France-Presse.

KOLEKSI BALMAIN ditampilkan dalam Paris Fashion Week, Rabu, 27 September 2023. Mereka sempat dirampok sebelum show. Sebanyak 50 baju hilang.-Julien de Rosa-AFP-

Total, ada 107 brand yang berpameran di Paris Fashion Week 2024. Sebanyak 67 di antaranya digelar di runway.

Sejatinya, ada insiden yang membuat perhelatan tersebut juga masuk pada segmen berita kriminalitas. Sebab, koleksi Balmain dirampok dalam perjalanan dari Bandara Charles de Gaulle menuju markasnya di Paris. Sebanyak 50 baju hilang. Olivier Rousteing, Creative Director Balmain, sampai kelabakan mencari baju pengganti untuk show pada Rabu, 27 September 2023. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: