Turuti Google Maps, Terobos Jembatan Runtuh, Tewas

Turuti Google Maps, Terobos Jembatan Runtuh, Tewas

FOTO KENANGAN Philip Paxson bersama Alicia, istrinya. Paxson tewas karena menuruti petunjuk Google Maps.-ABC NEWS-

HICKORY, HARIAN DISWAY – Malang tak dapat ditolak. Philip Paxson, warga Carolina Utara, tewas. Mobilnya nyemplung sungai. Gara-garanya, lelaki 47 tahun tersebut menuruti petunjuk dari Google Maps. Sehingga, mobil yang dikendarainya terjun bebas sedalam enam meter.

Keluarga Paxon pun tidak terima. Mereka menggugat Google yang tidak memperbarui data navigasinya. Juga tidak ada pemberitahuan soal jembatan yang runtuh itu. Gugatan itu digelar pada Selasa, 19 September 2023.

Tragedi tersebut terjadi pada Rabu, 30 September 2022. Ketika itu, Paxson sedang dalam perjalanan pulang dari pesta ulang tahun putrinya. Karena tidak tahu jalan, ia pun mengandalkan Google Maps untuk petunjuk.

Jeep Gladiator yang dikendarainya pun melaju. Hingga ke kawasan Hickory, Carolina Utara. Petunjuk itu mengarahkan Paxson melintasi kawasan Snow Creek.

BACA JUGA : Terpengaruh Film, Turis Tiongkok Ogah ke Thailand karena Takut Penculikan dan Penjualan Organ

Apes. Di situ ada jembatan yang sudah sembilan tahun runtuh. Dan tidak pernah diperbaiki. Di situlah Paxson menjumpai ajalnya.

’’Putri kami bertanya, kenapa ayahnya meninggal. Saya tidak tahu bagaimana tanggung jawab Google tentang petunjuk arah GPS itu. Tindakan mereka seperti tidak menghormati kehidupan,’’ gerutu Alicia, istri Paxton.

Polisi menemukan mayat Paxson di dalam mobil yang terbalik. Kata petugas, di situ tidak ada pembatas atau peringatan apa pun.


JEMBATAN RUNTUH di Snow Creek, Hickory, Carolina Utara, yang merenggut nyawa Paxson.-Sky News-

Dalam gugatan disebutkan bahwa mobil Paxson menerabas tepian jembatan yang rusak dan tanpa penjaga itu.

Polisi negara bagian Carolina Utara mengatakan, jembatan itu tidak dikelola oleh pejabat lokal atau negara bagian. Bahkan, perusahaan pengembang aslinya sudah bubar. Gugatan tersebut juga menyentil sejumlah perusahaan properti swasta yang seharusnya bertanggung jawab atas jembatan dan tanah di sekitarnya.

Padahal, banyak orang yang telah memberi informasi kepada Google tentang jembatan runtuh tersebut. Bahkan pada tahun-tahun sebelum tragedi Paxton, warga sekitar sudah mendesak Google untuk memperbarui informasi rute tersebut.

Berkas gugatan juga melampirkan catatan email dari warga Hickory kepada Google. Mereka sudah menyarankan perusahaan teknologi itu memperbarui data Google Maps sejak September 2020. 

Google juga memberikan konfirmasi laporan tersebut pada November 2020. Mereka mengatakan sedang meninjau perubahan di lapangan. Tetapi, faktanya, tidak ada tindakan konkret. (Nathan Gunawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: